Radar Malang Online https://radarmalang.id Nomor Satu di Bumi Arema Thu, 04 Oct 2018 13:13:22 +0000 en-US hourly 1 Ketua Koni Jatim Nangis Saat Takziyah ke Rumah Atlet Paralayang di Batu https://radarmalang.id/ketua-koni-jatim-nangis-saat-takziyah-ke-rumah-atlet-paralayang-di-batu/ https://radarmalang.id/ketua-koni-jatim-nangis-saat-takziyah-ke-rumah-atlet-paralayang-di-batu/#respond Thu, 04 Oct 2018 13:13:22 +0000 http://www.radarmalang.id/?p=184396 KOTA BATU – “Kita benar-benar kehilangan atlit terbaik,” ujar Ketua KONI Jatim, M. Nabil. Saat takziyah ke rumah duka Ardi Kurniawan, di Jalan Trunojoyo Gg. IV, Kota Batu. Kamis sore (4/10) Pasalnya, ia mengakui jika Ardi merupakan sosok yang dianggap sangat luar biasa. Mulai dari seabrek prestasi semasa hidupnya hingga kepribadiannya yang sangat baik dan […]

The post Ketua Koni Jatim Nangis Saat Takziyah ke Rumah Atlet Paralayang di Batu appeared first on Radar Malang Online.

]]>

KOTA BATU – “Kita benar-benar kehilangan atlit terbaik,” ujar Ketua KONI Jatim, M. Nabil. Saat takziyah ke rumah duka Ardi Kurniawan, di Jalan Trunojoyo Gg. IV, Kota Batu. Kamis sore (4/10)

Pasalnya, ia mengakui jika Ardi merupakan sosok yang dianggap sangat luar biasa.

Mulai dari seabrek prestasi semasa hidupnya hingga kepribadiannya yang sangat baik dan santun.

“Ia bisa menjadi teladan untuk anak istri dan rekannya. Kita berduka yang sangat dalam karena kontribusi dia, menjadi pahlawan olahraga bagi kita,” imbuhnya dengan suara bergetar, bak menahan tangis.

Ditanya soal pemakaman Ardi, Nabil bersyukur karena saat ditemukan, jasadnya dengan mudah bisa langsung dapat teridentifikasi.

Sayangnya, memang harus disadari bahwa kondisi yang tidak memungkinkan. Membuat jasad pria yang kerap disapa “Gundul” itu tak bisa dikebumikan di kampung halaman.

“Kebetulan, posisinya yang kurang mendukung. Karena di sana sendiri kesulitan akan transportasi,” jelas Ketua harian KONI Jatim itu.

Tak hanya tangan kosong, kepada keluarga, atas nama KONI Jatim, Nabil memberikan santunan. Ia berharap uang tersebut bisa berguna meski tak seberapa.

Bahkan, ia berencana untuk mendatangkan tim psikolog untuk memberikan treatment kepada keluarga dan atlet yang selamat. Agar tidak terlalu lama berduka sekaligus lekas sembuh dari trauma.

“Bentuk apresiasi kita, nanti akan mengirimkan orang yang bisa berkomunikasi dengan temen-temen dan keluarga untuk membangun lagi kondisi psikis mereka agar tak berlarut-larut,” tutup Nabil.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer : Feni Yusnia

The post Ketua Koni Jatim Nangis Saat Takziyah ke Rumah Atlet Paralayang di Batu appeared first on Radar Malang Online.

]]>
https://radarmalang.id/ketua-koni-jatim-nangis-saat-takziyah-ke-rumah-atlet-paralayang-di-batu/rss/ 0
Datangi Kantor Gubernur, Mahasiswa Papua Minta Premanisme Dihilangkan https://radarmalang.id/datangi-kantor-gubernur-mahasiswa-papua-minta-premanisme-dihilangkan/ https://radarmalang.id/datangi-kantor-gubernur-mahasiswa-papua-minta-premanisme-dihilangkan/#respond Thu, 04 Oct 2018 12:45:59 +0000 http://radarmalang.id/datangi-kantor-gubernur-mahasiswa-papua-minta-premanisme-dihilangkan/ JawaPos.com – Ratusan mahasiswa dari Papua yang sedang tugas belajar di Jogjakarta mendatangi kantor Gubernur DIJ, Kamis (4/10). Mereka meminta agar premanisme yang ada, terutama yang melibatkan orang Papua agar diusut. Presiden Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua di DIJ mengatakan, sejak 10 tahun terakhir […]

The post Datangi Kantor Gubernur, Mahasiswa Papua Minta Premanisme Dihilangkan appeared first on Radar Malang Online.

]]>






JawaPos.com – Ratusan mahasiswa dari Papua yang sedang tugas belajar di Jogjakarta mendatangi kantor Gubernur DIJ, Kamis (4/10). Mereka meminta agar premanisme yang ada, terutama yang melibatkan orang Papua agar diusut.





Presiden Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua di DIJ mengatakan, sejak 10 tahun terakhir telah terjadi puluhan kasus yang melibatkan warga Papua di Jogjakarta. Namun hanya beberapa saja yang berhasil diusut oleh pihak kepolisian.





Semisal kasus 2010 silam yang menimpa seorang rekannya bernama Jessica Elsabeth. Ia diculik dari tempat kosnya, selang beberapa hari jenazahnya ditemukan di dekat rel kereta api.





Kemudian ada rekannya bernama Phaulus Petege yang menjadi korban pembacokan di titik nol kilometer Jogjakarta pada 2014. “Pelaku sampai kini juga belum terungkap,” katanya, Kamis (4/10).





Kasus belum lama terjadi pada korban atas nama Kemis Murib. Ia ditusuk oleh seseorang pada 12 September di ST Bear, di daerah Seturan, Kabupaten Sleman. Kasus tersebut baru ada 1 pelaku yang ditangkap.





Kemudian pembacokan terhadap Rolando Nauw di Jalan Timoho pada 29 September lalu. “Kami sudah tidak nyaman. Besok kemungkinan ada lagi, itu yang kami takutkan. Basmikan premanisme itu,” ucapnya.






Sementara itu, Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X saat dimintai tanggapannya atas aksi itu, ia tidak tahu secara persis kasus mana yang dimaksudkan oleh mahasiswa asal Papua itu. Ia menyebut, sebelumnya mahasiswa Papua sudah berjanji untuk tidak berkelahi atau berbuat keributan.






“Saya nggak tahu persis. Terjadi korban kekerasan, sekarang ada kekerasan dia melakukan apa saya nggak tahu. Nanti saya undang Pak Sekda. Ya saya tanya dulu, saya nggak tahu masalahnya,” ucapnya.





Terpisah, Kabid Humas Polda DIJ, AKBP Yulianto saat dikonfirmasi mengatakan, pada prinsipnya seluruh laporan yang masuk di kepolisian diproses tanpa terkecuali. “Penganiayaan yang TKP Babarsari (Seturan) pelakunya sudah ditangkap, yang di Timoho juga sudah ditangkap. Semua laporan pasti ditindaklanjuti,” pungkasnya.





(dho/JPC)

The post Datangi Kantor Gubernur, Mahasiswa Papua Minta Premanisme Dihilangkan appeared first on Radar Malang Online.

]]>
https://radarmalang.id/datangi-kantor-gubernur-mahasiswa-papua-minta-premanisme-dihilangkan/rss/ 0
Antisipasi Bencana, EWS Longsor Dipasang di Bantul https://radarmalang.id/antisipasi-bencana-ews-longsor-dipasang-di-bantul/ https://radarmalang.id/antisipasi-bencana-ews-longsor-dipasang-di-bantul/#respond Thu, 04 Oct 2018 12:10:59 +0000 http://www.radarmalang.id/antisipasi-bencana-ews-longsor-dipasang-di-bantul/ JawaPos.com – Untuk meningkatkan mitigasi kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) memasang alat Early Warning System (EWS) longsor. Sebanyak 3 alat peringatan dini itu dipasang di perbukitan daerah Kabupaten Bantul. Kepala Pelaksana BPBD DIJ Biwara Yuswantana mengatakan, EWS itu untuk […]

The post Antisipasi Bencana, EWS Longsor Dipasang di Bantul appeared first on Radar Malang Online.

]]>






JawaPos.com – Untuk meningkatkan mitigasi kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) memasang alat Early Warning System (EWS) longsor. Sebanyak 3 alat peringatan dini itu dipasang di perbukitan daerah Kabupaten Bantul.





Kepala Pelaksana BPBD DIJ Biwara Yuswantana mengatakan, EWS itu untuk memberikan peringatan sebelum longsor terjadi. “Diharapkan agar bisa meminimalisir adanya korban,” katanya, Kamis (4/10).





Sebanyak 3 EWS itu dipasang di daerah Dusun Lemahrubuh, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri. Kemudian di Dusun Tambalan, Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan. Serta di Dusun Bojong, Desa Wonolelo, Kecamatan Pleret. “Sekarang tinggal aktivasi saja, Minggu kemarin pemasangannya,” katanya.





Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Bantul Dwi Daryanto menambahkan, bencana longsor hampir setiap tahun terjadi di wilayahnya. Upaya mitigasi, selain memakai alat peringatan dini juga imbauan kewaspadaan. Terutama terhadap mereka yang tinggal di kawasan perbukitan.





“Untuk titik kerawanan, ada di beberapa desa. Seperti Mangunan dan Munthuk di Kecamatan Dlingo, Sriharjo, Selopamioro, Karang Tengah, Wukirsari, dan Girirejo di Kecamatan Immogiri. Kemudian Wonolelo di Kecamatan Pleret. dan di Desa Srimartani, dan Srimulyo,” ucapnya.





(dho/JPC)


The post Antisipasi Bencana, EWS Longsor Dipasang di Bantul appeared first on Radar Malang Online.

]]>
https://radarmalang.id/antisipasi-bencana-ews-longsor-dipasang-di-bantul/rss/ 0
Bindalwas LLDIKTI Kunjungi ITN untuk Kontrol Kualitas Kampus https://radarmalang.id/bindalwas-lldikti-kunjungi-itn-untuk-kontrol-kualitas-kampus/ https://radarmalang.id/bindalwas-lldikti-kunjungi-itn-untuk-kontrol-kualitas-kampus/#respond Thu, 04 Oct 2018 12:04:40 +0000 http://www.radarmalang.id/?p=184392 MALANG KOTA – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah VII Jawa Timur kunjungi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Mereka melakukan evaluasi Pembinaan, Pengendalian, dan Pengawasan (Bindalwas), Kamis (4/10). Hal tersebut untuk memastikan proses penjaminan mutu dari pemerintah terhadap perguruan tinggi. “Ini salah satu kegiatan penjaminan mutu dari pihak pemerintah terhadap pergutuan tinggi yang dilewatkan LLDIKTI. […]

The post Bindalwas LLDIKTI Kunjungi ITN untuk Kontrol Kualitas Kampus appeared first on Radar Malang Online.

]]>

MALANG KOTA – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah VII Jawa Timur kunjungi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Mereka melakukan evaluasi Pembinaan, Pengendalian, dan Pengawasan (Bindalwas), Kamis (4/10). Hal tersebut untuk memastikan proses penjaminan mutu dari pemerintah terhadap perguruan tinggi.

“Ini salah satu kegiatan penjaminan mutu dari pihak pemerintah terhadap pergutuan tinggi yang dilewatkan LLDIKTI. Tentunya, hal itu dimaksudkan untuk mengevaluasi kinerja dari masing – masing lembaga. Seperti tenaga pendidik, kemahasiswaan, sarana prasarana, tata kelola perguruan tinggi, dan masih banyak lainnya,” ujar Wakil Rektor I ITN Malang, Dr Ir Kustamar MT .

Kunjungan LLDIKTI ke ITN rutin dilakukan setiap tahunnya. Hal itu menjadi tolak ukur untuk mengontrol kualitas rasional dari perguruan tinggi – perguruan tinggi agar tidak merugikan anak didiknya dan masyarakat.

Pembina IV/a LLDIKTI, Drs. Budi Hasan, MSi mangungkapkan telah mempersiapkan bersama tim untuk mengevaluasi semua data – data di masing – masing lembaga ITN Malang.

“Ini kunjungan, sebelumnya sudah sering kesini. Sebagai delegasi dari LLDIKTI kami telah mempersiapkan untuk mengevaluasi dengan tim. Dari evaluasi ini tentunya kita harapkan akan menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Beberapa delegasi LLDIKTI di antaranya, Airin Nurfattma, S.Sos. (Penata Muda Tk.I), Komari (Pengatur II/c), Unna Wati, SE., (anggota).

Lebih lanjut, Rektor ITN Malang, Dr. Ir Lalu Mulyadi, MT, mengharapkan kunjungan evaluasi Bibdalwas dari LLDIKTI bisa sesuai dengan target yang diinginkan dari kampus ITN Malang. “Selama ini hasil evaluasinya baik, semoga hari ini juga demikian. Evaluasi semua lembaga kami harapkan bapat berjalan lancar dan sesuai dengan target,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Pewarta: Kholid Amrullah
Fotografer: Arifina

The post Bindalwas LLDIKTI Kunjungi ITN untuk Kontrol Kualitas Kampus appeared first on Radar Malang Online.

]]>
https://radarmalang.id/bindalwas-lldikti-kunjungi-itn-untuk-kontrol-kualitas-kampus/rss/ 0
Penjual Cincau dari Malang Ini Jago Banget Bikin Kartun https://radarmalang.id/penjual-cincau-dari-malang-ini-jago-banget-bikin-kartun/ https://radarmalang.id/penjual-cincau-dari-malang-ini-jago-banget-bikin-kartun/#respond Thu, 04 Oct 2018 11:40:25 +0000 http://www.radarmalang.id/?p=184388 MALANG KOTA – Aksi kartunis Malang ini patut diapresiasi. Berawal dari hobi, karyanya tak kalah dengan seniman terkenal. Ia adalah M. Edo Fachrudin, yang menggaambar karikatur on the spot dalam Pameran Kartun Anti Korupsi di Balai Kota Malang, Rabu, (3/10). “Saya live bikin karikatur kartun beberapa tokoh. On the spot diminta langsung dari panitia, langsung […]

The post Penjual Cincau dari Malang Ini Jago Banget Bikin Kartun appeared first on Radar Malang Online.

]]>

MALANG KOTA – Aksi kartunis Malang ini patut diapresiasi. Berawal dari hobi, karyanya tak kalah dengan seniman terkenal. Ia adalah M. Edo Fachrudin, yang menggaambar karikatur on the spot dalam Pameran Kartun Anti Korupsi di Balai Kota Malang, Rabu, (3/10).

“Saya live bikin karikatur kartun beberapa tokoh. On the spot diminta langsung dari panitia, langsung untuk menggambar beberapa tokoh di depan saya,” ujar Edo etika ditemui tim radaemalang.id usai menyelesaikan gambarnya.

Beberapa tokoh yang di gambar olehnya Zulkarnain, salah satu Dosen Hukum di Universitas Gajayana Malang, Endah Iin, seorang politisi dari partai Nasdem asli Kota Malang, dan masih ada beberapa lainnya.

Pria yang sehari – hari menjual es cincau hijau ini mengaku, jika kedatangannya awalnya ingin saling sharing dengan seniman kartunis yang ada di Kota Malang.

“Awalnya pingin sharing, berbagi ilmu dengan kartunis di Malang dan reuni dengan senior di sini. Nayatanya malah reuniannya sama Ketua Paguyuban Kartunis Yogyakarta, Dhany Valiandra saja,” ungkapnya dengan menyunggingkan senyum.

Ketika ditanya sudah berapa lama dia menekuni seni kartunis, Edo mengatakan sudah sejak SD menyukai seni menggambar. Dia baru serius di dunia kartunis setelah lulus SMK. “Dari SD sudah suka menggambar. Tapi ya biasa, tapi seiring berjalan menjadi menekuni dan menjadikan itu sebuah hobi,” kata pria yang tergabung dalam Komunitas Surabaya Caricature Community (SCC) tersebut.

Pria asli Gadang ini ternyata juga sering melakukan aksi melukis di Car Free Day (CFD) dan Alun – Alun Kota Malang. Saat ini Ia tidak menjadikan kegemarannya menggambar ini sebagai sebuah pekerjaan yang tetap. Baginya itu dijalani mengalir.

“Saya sering live di CFD, Alun – Alun, dan juga kalau ada reunian dengan seniman kartun. Itung – itung mengisi waktu senggang. Mengalir aja, kalau jadi job ya dijalani,” ungkapnya.

Ikut dalam salah satu kegiatan Pameran Kartun Anti Korupsi, Edo berharap ke depan akan banyak seniman kartunis yang menjadikan karikatur sebagai media aspirasi.

“Karikatur bagian dari seni yang bisa dikembangkan sebagai media aspirasi. Karena di dalam sebuah gambar bisa menyampaikan pesan, baik terhadap lingkungan, sosial, maupun dunia pemerintahan,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Arifina

The post Penjual Cincau dari Malang Ini Jago Banget Bikin Kartun appeared first on Radar Malang Online.

]]>
https://radarmalang.id/penjual-cincau-dari-malang-ini-jago-banget-bikin-kartun/rss/ 0
Pakde Karwo: Biasanya Anggota Dewan yang Sering Mengkritik Itu Jarang Masuk Kerja https://radarmalang.id/pakde-karwo-biasanya-anggota-dewan-yang-sering-mengkritik-itu-jarang-masuk-kerja/ https://radarmalang.id/pakde-karwo-biasanya-anggota-dewan-yang-sering-mengkritik-itu-jarang-masuk-kerja/#respond Thu, 04 Oct 2018 11:33:20 +0000 http://www.radarmalang.id/?p=184384 MALANG KOTA – Hadir dalam rapat paripurna penyampaian visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang 2018 – 2023, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo ingatkan fraksi untuk tidak hanya mengkritisi kebijakan. Hal itu disampaikan dalam sambutannya di ruang rapat DPRD Kota Malang hari ini, Kamis, (4/10). “Fraksi jangan mengkritik kebijakan, karena itu sudah di atur […]

The post Pakde Karwo: Biasanya Anggota Dewan yang Sering Mengkritik Itu Jarang Masuk Kerja appeared first on Radar Malang Online.

]]>

MALANG KOTA – Hadir dalam rapat paripurna penyampaian visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang 2018 – 2023, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo ingatkan fraksi untuk tidak hanya mengkritisi kebijakan. Hal itu disampaikan dalam sambutannya di ruang rapat DPRD Kota Malang hari ini, Kamis, (4/10).

“Fraksi jangan mengkritik kebijakan, karena itu sudah di atur dalam KUAPPAS. Yang dikritik itu pelaksanaannya. Biasanya yang sering ngritik ini jarang masuk, jarang ikut merumuskan bersama,” ujarnya diselingi gelak tawa.

Selain itu, Pakde Karwo (sapaan akrabnya) mengimbau pada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang untuk tidak memisahkan keterkaitan antara dunia pendidikan dan kesehatan. Dua hal tersebut harus saling mengisi satu sama lain.

“Pendidikan dan kesehatan ini harus jadi satu. Ini sudah program dunia. Kalau pendidikan bagus, gizi tidak bagus itu biasanya jam 9 atau 10 pagi sudah ngantuk. Ini masuk kategori gizi buruk, biarpun kelihatan badannya gede tapi gizi buruk,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menanggapi soal pidato visi misi yang disampaikan Wali Kota Malang, Sutiaji. Menurutnya apa yang dipaparkan dalam pidato tersebut berkaitan dengan ‘Kesalehan Sosial’. “Ini kalau dibuat judul, pidatonya pak wali judulnya ‘Kesalehan Sosial’. Semuanya tentang kesantunan, kesopanan, sosial dan yang lainnya yang berkaitan dengan agama,” ungkapnya.

Kedepan, Soekarwo menilai Kota Malang akan menjadi kota masa depan yang luar biasa. Tetapi, semuanya harus sesuai standarisasi.

“Malang mau dijadikan kota masa depan yang luar biasa. Kami usulkan semuanya itu harus distandarisasi. Misalnya industri kecil dan menengah bisa memakai pasar online sistem,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Arifina

The post Pakde Karwo: Biasanya Anggota Dewan yang Sering Mengkritik Itu Jarang Masuk Kerja appeared first on Radar Malang Online.

]]>
https://radarmalang.id/pakde-karwo-biasanya-anggota-dewan-yang-sering-mengkritik-itu-jarang-masuk-kerja/rss/ 0
Warga Malang Selatan Harus Waspada, Selatan Jawa Berpotensi Banyak Gempa https://radarmalang.id/warga-malang-selatan-harus-waspada-selatan-jawa-berpotensi-banyak-gempa/ https://radarmalang.id/warga-malang-selatan-harus-waspada-selatan-jawa-berpotensi-banyak-gempa/#respond Thu, 04 Oct 2018 11:17:39 +0000 http://www.radarmalang.id/?p=184381 SUMBERPUCUNG – Kondisi tektonik selatan Pulau Jawa termasuk Malang Selatan berpotensi mengalami banyak kejadian gempa dengan skala yang cukup besar. “Potensi gempa itu ada, tetapi kapan terjadinya itu kita tidak tahu,” ujar Kepala BMKG Karangkates, Kabupaten Malang, Musripan. Jika gempa di Kota Palu, disebabkan pergeseran atau pelepasan energi pada sesar Palu Koro. Maka, di selatan […]

The post Warga Malang Selatan Harus Waspada, Selatan Jawa Berpotensi Banyak Gempa appeared first on Radar Malang Online.

]]>

SUMBERPUCUNG – Kondisi tektonik selatan Pulau Jawa termasuk Malang Selatan berpotensi mengalami banyak kejadian gempa dengan skala yang cukup besar.

“Potensi gempa itu ada, tetapi kapan terjadinya itu kita tidak tahu,” ujar Kepala BMKG Karangkates, Kabupaten Malang, Musripan.

Jika gempa di Kota Palu, disebabkan pergeseran atau pelepasan energi pada sesar Palu Koro. Maka, di selatan Pulau Jawa terdapat sumber gempa bumi yang berasal dari zona subduksi.

Zona subduksi di selatan Jawa ini adalah akibat pertemuan Lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Keduanya, saling menyusup ke bawah lempeng Eurasia.

Menurut Musripan, penyusupan ini yang nantinya akan menimbulkan terkumpulnya energi akibat gesekan. Menurutnya, lempeng bumi mengalami pergerakan 6 – 7 cm per tahun.

Yang jika diakumulatifkan. Gesekan keduanya akan mengakibatkan tiga hal. Yakni mendorong, merenggang dan mengunci atau tidak bergerak. “Kalau pecah akan keluar energi. Dan kalau meledak karena salah satu lempengmya tidak kuat. Ledakan itu akan menimbulkan patahan yang cukup besar,” imbuhnya

Lempeng tersebut, memanjang dari Aceh hingga Indonesia bagian timur. Pertemuan dua lempeng itu lebih dangkal dibandingkan yang berada pada sisi utara Pulau Jawa. “Di utara itu lebih dalam, biasanya 3.000 meter di bawah. Jadi tidak begitu terasa. Yang berbahaya, justru dibagian selatan,” imbuhnya.

Apalagi, BMKG Karangkates, Kabupaten Malang ini sudah mencatat sebanyak 544 gempa di tahun 2017 dan 330 kali gempa hingga Oktober 2018 dalam skala yang signifikan. Sehingga, Musripan hanya mengimbau kepada masyarakat, khususnya di bagian selatan agar senantiasa waspada. Termasuk selalu memperhatikan informasi dari BMKG.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah

The post Warga Malang Selatan Harus Waspada, Selatan Jawa Berpotensi Banyak Gempa appeared first on Radar Malang Online.

]]>
https://radarmalang.id/warga-malang-selatan-harus-waspada-selatan-jawa-berpotensi-banyak-gempa/rss/ 0
Lilis Sudaryani, Mahasiswi Meninggal Usai Galang Dana Korban Sulteng https://radarmalang.id/lilis-sudaryani-mahasiswi-meninggal-usai-galang-dana-korban-sulteng/ https://radarmalang.id/lilis-sudaryani-mahasiswi-meninggal-usai-galang-dana-korban-sulteng/#respond Thu, 04 Oct 2018 11:03:32 +0000 http://www.radarmalang.id/lilis-sudaryani-mahasiswi-meninggal-usai-galang-dana-korban-sulteng/ JawaPos.com – Batas usia seseorang memang sudah menjadi rahasia Tuhan. Bisa datang kapan saja tanpa ada pemberitahuan. Inilah yang dialami Lilis Sudaryani. Usai menggalang dana untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng), mahasiswi STAIM Mempawah itu meninggal dunia, Selasa (2/10). Kader Himpunan […]

The post Lilis Sudaryani, Mahasiswi Meninggal Usai Galang Dana Korban Sulteng appeared first on Radar Malang Online.

]]>






JawaPos.com – Batas usia seseorang memang sudah menjadi rahasia Tuhan. Bisa datang kapan saja tanpa ada pemberitahuan. Inilah yang dialami Lilis Sudaryani.





Usai menggalang dana untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng), mahasiswi STAIM Mempawah itu meninggal dunia, Selasa (2/10). Kader Himpunan Mahasiswa (HMI) Cabang Mempawah ini mengalami kecelakaan di Desa Antibar usai aksi penggalangan dana di Kecamatan Sungai Pinyuh.





Formatur HMI Cabang Mempawah Muhammad Ali menjelaskan, almarhumah dikenal sosok yang ramah, santun, dan baik terhadap sesama. Dia juga begitu peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. “Beliau juga gigih dalam kegiatan kerja sosial,” ujarnya sebagaimana diberitakan Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), Kamis (4/10).



Lilis Sudaryani semasa hidupnya sebelum meninggal dunia akibat kecelakaan di Desa Antibar, Mempawah Selasa (2/10). (Warga for Rakyat Kalbar/JPG)





Almarhumah merupakan mahasiswi semester 7 di Jurusan Tarbiyah STAIM Mempawah. Di kalangan kader HMI, Lilis juga sebagai tokoh pejuang. Dia terpilih sebagai formatur Kohati Cabang Mempawah yang baru digelar pada 16 September 2018. “Sejauh ini, almarhumah juga aktif sebagai pengurus DPD KNPI Mempawah,” ungkapnya.





HMI Mempawah akan memberikan penghargaan kepada Lilis sebagai Pahlawan Kemanusian. Karena wafat saat perjalanan pulang usai melakukan aksi penggalangan dana di Sungai Pinyuh untuk korban gempa bumi dan sunami Sulteng. “Kami akan berikan Almarhumah sebagai pahlawan kemanusiaan,” tutup Ali.





Sementara itu, korban gempa dan tsunami Sulteng mulai keluar dari daerah asalnya. Selain takut gempa susulan, mereka kekurangan pasokan makanan. Salah satu titik pengungsian adalah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.






“Menurut informasi relawan kami di sana, pesawat yang menuju ke Palu dan sebaliknya membawa korban gempa Palu, sehingga Rumah Zakat membuka Posko di beberapa titik kedatangan pengungsian,” ujar Branch Manager Rumah Zakat Kalbar, Asrul Putra Nanda ditemui Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group) di kantornya, Rabu (3/10)
.
Saat korban gempa tiba di Balikpapan, sebagian besar dari mereka belum makan dan minum. Sehingga pihak Rumah Zakat, aparat TNI dan seluruh pihak terkait lainnya segera melakukan tindakan yang dianggap perlu.






“Relawan Rumah Zakat di Balikpapan beserta pihak yang berwenang segera membangun Posko dan menyediakan makan serta minum untuk memulihkan kesehatan mereka,” tuturnya.





Sejak kemarin hingga hari ini, para korban terus mendapat suplai bantuan. Asrul berharap, masyarakat di Kota Pontianak tetap bersemangat untuk membantu korban gempa dan tsunami Sulteng. Terlepas dari apa yang beredar di media massa dan Medsos mengenai kekacauan di sana. “Mereka tetap saudara kita satu tanah air. Selayaknya kita bantu,” pungkas Asrul.





(fab/jpg/JPC)


The post Lilis Sudaryani, Mahasiswi Meninggal Usai Galang Dana Korban Sulteng appeared first on Radar Malang Online.

]]>
https://radarmalang.id/lilis-sudaryani-mahasiswi-meninggal-usai-galang-dana-korban-sulteng/rss/ 0
Jasad Atlet Paralayang dari Malang Ditemukan Bareng Atlet Asal Korea https://radarmalang.id/jasad-atlet-paralayang-dari-malang-ditemukan-bareng-atlet-asal-korea/ https://radarmalang.id/jasad-atlet-paralayang-dari-malang-ditemukan-bareng-atlet-asal-korea/#respond Thu, 04 Oct 2018 10:25:38 +0000 http://www.radarmalang.id/?p=184375 MALANG KOTA – Jenazah Serda Fahmi Rizky, atlet paralayang Jawa Timur asal Singosari. Sekaligus anggota TNI AU Abdulrachman Saleh ini, akhirnya berhasil ditemukan. Jasad Fahmi ditemukan Kamis sore (4/10). Pada hari yang sama, atlet asal Korea Selatan, Lee Dong Jin juga berhasil diidentifikasi beberapa saat sebelumnya. “Untuk Fahmi langsung dikebumikan di sana (Palu),” ujar Arif […]

The post Jasad Atlet Paralayang dari Malang Ditemukan Bareng Atlet Asal Korea appeared first on Radar Malang Online.

]]>

MALANG KOTA – Jenazah Serda Fahmi Rizky, atlet paralayang Jawa Timur asal Singosari. Sekaligus anggota TNI AU Abdulrachman Saleh ini, akhirnya berhasil ditemukan.

Jasad Fahmi ditemukan Kamis sore (4/10). Pada hari yang sama, atlet asal Korea Selatan, Lee Dong Jin juga berhasil diidentifikasi beberapa saat sebelumnya.

“Untuk Fahmi langsung dikebumikan di sana (Palu),” ujar Arif Eko Wahyudi, Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Jatim. Fahmi dikebumikan di TPU Muslim yang sama dan bersebelahan dengan makam Ardi Kurniawan, atlet asal Batu. Tepatnya, di Kelurahan Pogego, Kecamatan Palu Barat.

Sementara itu, salah satu pengurus FASI Jatim, Markus Heru menambahkan, jika jenazah Dong Jin langsung dikremasikan.

Keduanya, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di bawah reruntuhan hotel Roa-Roa, Kota Palu. Sejauh ini, tinggal satu atlet lagi yang belum berhasil ditemukan. Ialah, Reza C. Kambey asal Kota Malang.

Meski demikian, keluarga Reza diketahui juga sudah mengikhlaskan apapun yang terjadi. Namun Heru masih optimis bahwa pencarian Reza akan menuai keberhasilan. “Karena kalau yang lain ketemu, pasti Reza ketemu juga,” imbuhnya.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Instagram Fahmiruddo

The post Jasad Atlet Paralayang dari Malang Ditemukan Bareng Atlet Asal Korea appeared first on Radar Malang Online.

]]>
https://radarmalang.id/jasad-atlet-paralayang-dari-malang-ditemukan-bareng-atlet-asal-korea/rss/ 0
Usai Ditangkap, Pemasok Tuak Dilepas Lagi https://radarmalang.id/usai-ditangkap-pemasok-tuak-dilepas-lagi/ https://radarmalang.id/usai-ditangkap-pemasok-tuak-dilepas-lagi/#respond Thu, 04 Oct 2018 10:13:06 +0000 http://www.radarmalang.id/usai-ditangkap-pemasok-tuak-dilepas-lagi/ JawaPos.com – Kedapatan membawa minuman keras (miras) jenis tuak, seorang pemuda di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar) digelandang petugas. Namun, ia kembali dilepaskan setelah membuat surat perjanjian. Dari informasi, M, 23, tidak bisa mengelak dari intaian jajaran petugas Polsek Sumpur Kudus saat kedapatan mengangkut […]

The post Usai Ditangkap, Pemasok Tuak Dilepas Lagi appeared first on Radar Malang Online.

]]>






JawaPos.com – Kedapatan membawa minuman keras (miras) jenis tuak, seorang pemuda di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar) digelandang petugas. Namun, ia kembali dilepaskan setelah membuat surat perjanjian.





Dari informasi, M, 23, tidak bisa mengelak dari intaian jajaran petugas Polsek Sumpur Kudus saat kedapatan mengangkut dua jeriken tuak di kawasan Nagari Tanjung Bonai Aur, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Kuat dugaan, M adalah pemasok tuak ke pedagang-pedagangan kawasan TKP.





Kapolsek Sumpur Kudus Iptu Mulyadi mengatakan, M mengaku tuak tersebut dibelinya di Lintau, Kabupaten Tanah Datar dan hendak dipasoknya ke kawasan Sijunjung, tepatnya kawasan Manganti.





“M diamankan setelah unit intel Polsek Sumpur Kudus mendapatkan laporan masyarakat. BB-nya juga sudah diamankan,” kata Iptu Mulyadi pada sejumlah wartawan, Kamis (4/10).





Usai ditangkap, M lalu digelandangkan ke Mapolsek Sumpur Kudus untuk mempertangungjawabkan perbuatan. Namun, petugas tidak menahan M dan hanya memberikan pembinaan agar M tidak lagi mengulang perbuatannya.





“Penjual tuak tersebut berjanji tidak akan menjual tuak lagi di Nagari Mangganti. Ia baru memahami kalau ada aturan yang melarang penjualan tuak tersebut, dan atas kesadaran sendiri membuat surat pernyataan tidak akan menjual minuman keras jenis apapun di Nagari Manganti,” jelas Kapolsek.






(rcc/JPC)

The post Usai Ditangkap, Pemasok Tuak Dilepas Lagi appeared first on Radar Malang Online.

]]>
https://radarmalang.id/usai-ditangkap-pemasok-tuak-dilepas-lagi/rss/ 0