GONDANGLEGI – Tuntas sudah tugas Pondok Modern Al-Rifa’ie 1 membina para santri tingkat akhir. Pada 6 Juni lalu, lembaga ini melepas ratusan siswa dari dua jenjang itu lewat prosesi wisuda bersama ke-15. Pondok modern yang beralamat di Jalan Ketawang No 1, Gondanglegi, Kabupaten Malang, tersebut mewisuda 407 wisudawan dari 4 jenjang.

”Wisudawan Mahad Ali ada 14 orang. Dari SMA ada 133 wisudawan, diniyah 123 wisudawan, dan SMP 137 wisudawan,” ujar pengasuh Yayasan Pondok Modern Al-Rifa’ie 1 KH Muhammad Basuni Azam. Menurut pria yang akrab dipanggil Gus Bas tersebut, wisuda bersama tersebut adalah pijakan awal meraih masa depan yang lebih baik dan berlandaskan Islam.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Malang Sanusi, jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Gondanglegi, dan perwakilan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Gondanglegi. Dalam sambutannya, Wabup Sanusi menyatakan, yang harus dihindari di masa depan adalah narkoba dan korupsi. Sebab, dua hal itu bisa menghancurkan bangsa. ”Semoga ilmu yang didapat bermanfaat demi bangsa dan negara serta agama,” ucap Sanusi.

Pewarta : Nurhayati
penyunting : Neny Fitrin
Copy Editor : Dwi Lindawati
Foto : Nurhayati