Vokal, Blogger Muslimah Curi Perhatian Lewat Fashion di Amerika

Seperti dilansir The New York Times, Kamis (8/3), seorang blogger mode jilbab asal Chicago, Amerika bernama Hoda Katebi menjadi sorotan karena gagasan tidak biasanya seputar fashion hijab dan issue lainnya yang menyangkut warga Muslim di Amerika.

Ia adalah otak di balik fashion blog ‘Joojoo Azad’ yang sangat kontroversial karena kental dengan nafas politik didalamnya. “Situs ini sering menyoroti representasi media reduktif, perempuan berpakaian jilbab, dan implikasi terhadap lingkungan,” jelas Hoda kepada New York Times.

Hoda Katebi saat sesi pemotretan
(The New York Times)

Ia menggambarkan dirinya sebagai penggerak kreatif komunitas Muslim yang vokal dan sarkastik. Hoda memperlihatkan bagaimana cara perempuan muslim berpakaian mempengaruhi orang lain hingga terkesan.

Blogger 23 tahun ini juga melakukan projects jahit co-op di Chicago untuk membantu tim penjahit imigran. Termasuk mempercayakan rancangannya berupa pakaian unisex untuk dijahit.

Wanita Muslim Amerika inipun secara terbuka telah menerbitkan poster artis Shepard Fairey yang mengenakan bendera Amerika sebagai jilbab. Sebagai Muslim ia terus berusaha membuktikan bahwa orang muslim bisa diterima di Amerika, untuk itu ia mengajak wanita muslim mengenakan bendera negara ini sebagai jilbab.

Sebelumnya, Hoda melakukan gebrakan luar biasa seperti saat ia tampil di WGN News Chicago, pada Januari lalu untuk mempromosikan buku fotografi yang diterbitkan sendiri bertajuk ‘Tehran Streetstyle’. 


(fid/JPC)