MALANG KOTA Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) semakin melebarkan hubungan kerja sama dengan luar negeri. Kali ini Unikama mematangkan program kerja sama dengan Amerika Serikat.

Untuk mendalami kerja sama tersebut, beberapa waktu lalu Unikama kedatangan Cultural Attace (Atase Kebudayaan) Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia Karen Schinnerer.  Kedatangan tersebut sebagai bentuk joint program antara Unikama dengan perguruan tinggi di Amerika Serikat yang akan diwujudkan dalam student exchange (pertukaran mahasiswa), pengiriman dosen, maupun beasiswa. ”Ini kunjungan perdana. Tapi sebenarnya kerja sama dengan Amerika di Unikama sudah ada. Hanya, kali ini lebih mematangkan lagi,” ungkap Wakil Rektor IV Unikama Umiati Jawas PhD yang mendampingi Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian MT menemui Karen.

Karen sempat menyinggung programm Young South East Asian Leaders Initiative (YSEALI). Itu adalah program short term untuk pemuda ASEAN usia 18-25 tahun yang ingin meningkatkan keterampilan kepemimpinan di bidang yang diminati.

Selain itu, Amerika Serikat menggelar Regional English Language Office (RELO) untuk English teaching fellow. ”Mereka (Amerika Serikat) akan mengirimkan dosen untuk mengajar di sini (Unikama),” kata Jawas.

Menurut Jawas, banyak program yang dimilik Atase Kebudayaan Kedubes Amerika Serikat. Namun, sementara hanya beberapa program yang akan ditindaklanjuti agar lebih fokus. (oct/yn)