MALANG KOTA – Ekspektasi tinggi tertuju pada event The Malang Marathon yang akan digelar di Kota Malang 29 Juli mendatang. Sejumlah pihak berharap, event yang digagas Komunitas Lari Malang Raya (Kolamara) bersama Jawa Pos Radar Malang ini tak hanya sukses dari sisi penyelenggaraannya, tapi juga mampu mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi di Kota Malang.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi terakhir di Balai Kota Malang kemarin (6/7). Sejumlah stakeholder terkait hadir pada rapat yang dipimpin Plt Wali Kota Malang Sutiaji.

Di antaranya, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin, Sekkota Malang Wasto, Ketua Panitia The Malang Marathon Paulus Oliver Yoesoef, Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad, serta perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD), dan pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Saat berbicara dalam forum tersebut, Sutiaji mengungkapkan ekspektasinya terhadap The Malang Marathon 2018.  ”Event ini nantinya diharapkan memiliki sisi lain. Yaitu, meningkatkan perekonomian di Kota Malang,” ujarnya.

Dia menyatakan, The Malang Marathon bisa menjadi ajang promosi pariwisata. Apalagi, ada ratusan pelari, baik nasional maupun internasional, yang akan berpartisipasi dalam event akbar tersebut.

Sutiaji lantas menginstruksikan kepada seluruh camat dan lurah untuk ikut mendukung The Malang Marathon 2018. Terutama kepada kelurahan dan kecamatan yang dilewati rute The Malang Marathon 2018.

Secara khusus, Sutiaji mengaku bahwa dirinya bakal ikut lari bersama peserta lainnya.  ”Insya Allah mulai besok (hari ini) saya sudah mulai ikut latihan lari. Saya ingin ikut yang 10 km,” ujar Sutiaji.

Sementara itu, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin yang juga pendiri Kolamara menyebut bahwa event seperti The Malang Marathon 2018 penting bagi Kota Malang. Dia lantas mengungkapkan bagaimana ide menggelar The Malang Marathon 2018 itu muncul. ”Kami punya banyak anggota yang sudah mengikuti event lari di luar negeri. Lalu, kenapa kita tidak membuat hal yang sama di sini (Kota Malnag)?” kata Yakin.

Sementara itu, Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad percaya bahwa The Malang Marathon 2018 bakal menjadi event yang berkelas. ”Saya yakin ini akan sukses karena telah banyak runner yang sudah mengikuti event di luar negeri,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia The Malang Marathon 2018 Paulus Oliver Yoesoef berharap, event lari ini bakal jadi agenda tahunan. ”Mungkin lima tahun ke depan saya ingin seperti di Hongkong,” kata dia.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Indra Mufarendra
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Bayu Eka Novanta