Pemain Arema FC Dedik Setiawan saat melawan PSM Makassar Minggu lalu (13/5).

MALANG KOTA – Pelatih baru Arema FC Milan Petrovic harus memutar otak lebih keras dalam melawan Bali United Jumat (18/5) di Stadion I Wayan Dipta, Bali. Lantaran, striker andalan tim ini, yakni Dedik Setiawan, terancam absen dalam laga tersebut.

Ini karena hingga kemarin (15/5), Dedik masih belum bergabung latihan. ”Iya belum gabung karena kemarin dites darah, saya terkena gejala tifus,” kata Dedik kepada Jawa Pos Radar Malang kemarin.

Dedik melanjutkan, sebenarnya dia sudah mengalami sakit sebelum melawan PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan Minggu (13/5). ”Tidak terasa waktu itu, saya kira hanya kecapekan, tapi ternyata gejala tifus,” imbuh pemain asli Kabupaten Malang ini.

Hanya, Dedik mengaku tidak tahu dirinya akan diikutkan dalam lawatan ke Bali atau tidak. Untuk diketahui, penggawa Arema FC akan bertolak ke Bali hari ini (16/5).

”Ikut atau tidaknya masih menunggu instruksi tim dokter,” jelas mantan pemain Persekam Metro FC ini.

Jika Dedik tidak bisa dimainkan, tentu ini menjadi kerugian tersendiri bagi Arema FC. Lantaran, selama ini kecepatannya sangat diandalkan tim berjuluk Singo Edan ini.

Tidak hanya sebagai striker, kadang Dedik juga ditempatkan sebagai pemain sayap. Tusukan-tusukannya cukup merepotkan pertahanan lawan.

Berdasarkan statistik, saat ini Dedik sudah mencetak dua gol dari total 12 gol yang sudah dicetak Arema FC. Akurasi operan Dedik juga lumayan bagus, yakni 72 persen.

Selain itu, 80 persen tekel yang dia lakukan cukup sukses. Hanya, ada poin minus dalam statistiknya, yakni pemain ini pernah mengantongi sekali kartu merah.

Tentu hal tersebut kerugian, apalagi Arema FC mempunyai misi revans di Bali. Tahun lalu, Arema FC babak belur dengan skor 6-1 di Bali. Kekalahan inilah yang kemudian membuat pelatih Arema FC saat itu, yakni Joko ”Gethuk” Susilo hendak mengundurkan diri, tapi tidak diperbolehkan manajemen.

Sedangkan untuk saat ini, posisi Arema FC dan Bali United sama-sama kurang bagus di Liga 1. Arema FC berada di posisi juru kunci klasemen sementara dengan enam poin.

Sedangkan Bali United yang merupakan runner-up Liga 1 musim lalu, kini tercecer di posisi 12 dengan sembilan poin.

Sementara itu, kapten tim Arema FC Dendi Santoso optimistis bisa mencuri poin dari Bali United. ”Tapi, untuk mewujudkan itu, saya sepenuhnya akan mengikuti strategi pelatih,” kata pemain yang belum pernah pindah ke klub lain ini.

Untuk meraih hasil maksimal itu, dia dan kawan-kawannya akan berusaha maksimal. ”Saya pribadi sebagai pemain akan bekerja lebih keras lagi,” pungkasnya.

Pewarta: Irham Thoriq
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Bayu Eka