MALANG KOTA – Usai menjalani berbagai rangkaian tes seleksi di ajang Pemilihan Duta Hijab Radar Malang 2018, kemarin (11/2) akhirnya tersaring 20 peserta. Para calon Duta Hijab yang berhasil menyingkirkan 175 peserta lainnya itu berhak mengikuti grand final di MCP (Malang City Point), pada 4 Maret 2018. Namun sebelumnya, sebanyak 20 finalis itu akan menjalani masa prakarantina pada 17 Februari mendatang.

Penanggung jawab seleksi Pemilihan Duta Hijab 2018 Hepy Mardiana Sari memaparkan beberapa tahapan seleksi Duta Hijab hingga terpilih 20 finalis. Mulanya, event tahunan yang digelar Jawa Pos Radar Malang tersebut diikuti sekitar 195 peserta. Seleksi tahap awal, yakni technical meeting dan wawancara terbuka digelar di Unisma (Universitas Islam Malang) pada 21 Januari lalu. Hasilnya, dikerucutkan menjadi 80 peserta.

Kemudian dalam in depth interview pada Sabtu lalu (3/2), panitia mengerucutkan lagi menjadi 40 peserta. ”Pada tes talent sekarang (kemarin), kami kerucutkan menjadi 20 peserta,” ujar Hepy usai tes talent di hall Usman Mansyur Unisma kemarin.

Mahasiswi UM (Universitas Negeri Malang) itu memaparkan, tes talent digelar selama tiga jam, mulai pukul 08.00–11.00. Masing-masing peserta wajib menyuguhkan bakatnya di hadapan dewan juri.

”Bisa membaca Alquran, bermain gitar, keyboard, nyinden, maupun menampilkan bakat lainnya,” kata perempuan asal Gresik tersebut.

Ketiga juri yang menguji yaitu owner Color Models Inc Agoeng Soedir Poetra, Ketua Paguyuban Duta Hijab Belinda Ameliyah, dan desainer Malang Nafilatim. ”Semua peserta yang lolos tes talent ini berhak mengikuti prakarantina,” katanya.

Hepy menyatakan, pada tahap prakarantina, peserta akan menjalani city tour. Para peserta akan diajak mengunjungi Alun-Alun Kota Malang. Pada tahap ini, semua peserta diharapkan bersosialisasi bersama warga. Selain itu, akan dilihat jiwa kepemimpinannya saat berkomunikasi dengan peserta lainnya.

Proses prakarantina ini berlangsung hingga 3 Maret mendatang. Usai prakarantina, keesokanharinya, 4 Maret para finalis mengikuti grand final. ”Malam itu juga akan diumumkan pemenangnya. Siapa yang terpilih menjadi Duta Hijab 2018,” kata Hepy.

Pewarta: NR4
Penyunting: Mahmudan
Copy editor: Dwi Lindawati
Foto: Rubianto