MALANG KOTA – Kesempatan produk usaha kecil menengah (UKM) Kota Malang masuk pasar supermarket kian terbuka lebar. Misalnya, kebijakan LOKA Supermarket yang memberi space khusus untuk produk lokal sejak September lalu. Produk UKM yang sudah masuk di antaranya snack kering, kue basah/jajanan pasar, jus, keripik, sayur, serta makanan khas Malang ala Cafetaria LOKA.

Kebijakan LOKA memberikan akses kepada UKM Kota Malang untuk memasarkan produknya itu agar mereka bisa ikut memajukan ekonomi masyarakat lokal. Selain itu, kondisi pasar retail yang agak lesu membuat LOKA melihat ada potensi besar dari UKM-UKM di Kota Malang yang jumlahnya sangat banyak.

Saat ini, produk UKM Kota Malang di supermarket juga terus bertambah. Bahkan, pihak LOKA sampai mengurangi produk dari luar kota. Pada bulan Oktober lalu, tercatat sebanyak 5 UKM bekerja sama dengan LOKA. Saat ini, jumlahnya sudah meningkat menjadi 10 UKM. Rencananya, pihak LOKA masih akan menambahnya. ”Kami sedang penjajakan lagi dengan beberapa UKM untuk handycraft dan snack lainnya,” ujar Store Manajer LOKA Malang Wawan Hernawan.

UKM yang bisa memasukkan produknya sudah menjalani proses penjaringan. Tidak main-main, LOKA mengetes produk yang masuk ke LOKA. Terlebih untuk produk makanan seperti cwiemie, mendoan, nasi bebek, dan lain-lain. ”Kami ingin harganya murah agar terjangkau ke semua level customer, tetapi tetap memperhatikan taste dan kualitasnya juga,” terang Wawan.

Pewarta: nr4
Penyunting: Ahmad Yani
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Darmono