KOTA BATU – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu harus bekerja lebih keras untuk mendorong lulusan SMA dan SMK untuk meneruskan pendidikannya ke bangku kuliah. Sebab, lulusan yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tahun ini rupanya masih banyak.
Dari jumlah lulusan sebanyak 2.619 siswa, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batu mencatat 1.573 di antaranya telah kuliah. Dengan demikian, sebanyak 1.046 lulusan menghentikan pendidikan formalnya.
SMK adalah penyumbang angka tertinggi lulusan yang tidak melanjutkan studinya. Dari total lulusan SMK sebanyak 1.121 siswa, 225 siswa melanjutkan ke jenjang kuliah. Sedangkan 896 sisanya tak kuliah. Kemudian, dari 1.498 lulusan SMA, 1.348 dia antaranya sudah duduk di bangku kuliah, dan hanya 150 siswa yang berhenti belajar formal.
Perguruan tinggi yang dipilih lulusan dari Kota Dingin ini pun beragam, mulai perguruan tinggi di Kota Malang hingga di beberapa kota besar, seperti Surabaya, Jogjakarta, Bandung, dan Jakarta. Sementara mereka yang tidak kuliah, sejauh ini, diketahui memilih bekerja di perusahaan, merintis usaha, melanjutkan usaha orang tua, dan banyak pula yang tidak diketahui kelanjutannya.
Wali Kota Batu Eddy Rumpoko terus mendorong para pelajar yang lulus untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Pemberian motivasi itu disampaikan ER -panggilan akrabnya- saat menggelar pertemuan dengan para pelajar di Hotel Tulip Golden Resort kemarin (17/5). ”Saya berharap agar anak-anak memiliki impian yang tinggi. Lanjutkan kuliah supaya memiliki daya saing lebih tinggi,” kata ER.
Karena itu juga, dia pun dengan sengaja menyiapkan tempat pertemuan khusus bagi anak didik Kota Batu di tempat terbaik. Dia yakin, dengan dihadirkan di hotel terbaik, hal tersebut akan bermakna bagi anak didik. Bahkan, dia pun menaruh harapan kepada para lulusan agar kelak juga bisa mendirikan hotel sebagus Tulip Golden Resort.
ER juga menyatakan ingin melihat gagasan-gagasan besar lahir dari anak-anak yang tinggal di bawah kaki gunung Arjuno ini. ”Suksesnya pembangunan kota ini nantinya tergantung kalian, generasi penerus,” ungkap kepala daerah berlatar belakang pengusaha ini.
Karena itu juga, dia yakin anak-anak didiknya akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Dia pun minta dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.
Acara pelepasan bertajuk Kota Batu Melepas siswa itu juga bertabur kata-kata motivasi. Seperti Gantungkan cita-citamu setinggi langit; Bermimpilah setinggi langit. Jika jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang bintang; serta kata-kata Bung Karno, yakni, Beri aku 100 orang tua, maka akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia.
Sementara itu, Kepala Disdik Kota Batu Mistin juga menyatakan hal serupa. Dia mernaruh harapan besar kepada anak-anak didiknya untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. ”Kalau yang SMK tidak bisa melanjutkan, minimal bisa mandiri. Menciptakan pekerjaan sendiri juga lebih bagus,” ungkap dia. (dia/c1/yak)