MALANG KOTA – Hadirnya generasi milenial menuntut pelaku bisnis jasa layanan terus berinovasi agar tak ditinggalkan pasar potensialnya. Hal itulah yang kini getol dilakukan Kantor Pos dengan membuat sejumlah gebrakan untuk mengoptimalkan pelayanan. Selain semakin memanjakan konsumen, program layanannya juga berbasis online.

”Saat ini eranya generasi milenial, begitu bangun langsung cek HP (handphone). Perubahan perilaku konsumen ini yang kami cermati hingga dibutuhkan layanan yang selesai cukup di tangan (lewat handphone, Red),” terang Direktur Kantor Pos Malang Agus Aribowo.



Agus menyatakan, salah satu program layanan yang sudah diterapkan dengan mempertimbangkan prilaku konsumen adalah produk jasa titipan.

”Sudah tiga bulan ini kami terapkan program jemput kiriman gratis,” terang Agus. Dalam hal ini, ada petugas khusus yang disiapkan untuk menjemput paket yang akan dikirim konsumen tanpa ditarik biaya tambahan.

Masih menurut Agus, program tersebut bersifat nasional dengan ketersedian armada sesuai dengan kebutuhan. ”Secara nasional ada 40 armada yang khusus menjemput paket konsumen di rumahnya,” bebernya.

Dengan banyaknya jaringan Kantor Pos yang ada, model pengiriman barang atau dokumen apa pun bisa dilakukan lebih cepat. Lewat jumlah jaringan yang begitu banyak, Agus optimistis layanan jemput paket itu akan banyak diminati, terutama oleh generasi milenial.

”Cukup dengan transaksi di tempat dan ada resi virtualnya, pengiriman paket akan lebih praktis dan cepat. Semua itu bisa dilakukan lewat handphone berbasis Androidm,” terangnya.

Pewarta: Darmono
Penyunting: Achmad Yani
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Darmono