Dengan membaca novel, Hanifa Kirana bisa berfantasi. Tiap kalimat yang dibaca seolah-olah mampu menuntunnya ke dunia lain. ”Iya, khususnya novel fiksi, memang jadi berasa ada di dunia lain gitu,” kata dia. Untuk menambah koleksi bacaannya, gadis kelahiran Semarang ini tidak ragu untuk memesan novel dari publisher di luar negeri.

Meski harus membayar lebih mahal, karena ada ongkos kirimnya, Hanifa tak keberatan. ”Kalau harga buku biasanya malah lebih murah kalau beli di luar negeri, ongkirnya saja yang mahal,” sambung penggemar J.K. Rowling tersebut. Sensasi membaca novel biasanya bertambah ketika ceritanya diangkat di layar lebar.

”Ada beberapa novel yang sudah saya baca waktu SMP. Yang nggak nyangka banget dibuat layar lebarnya, seperti The Maze Runner, The Mortal Instrument City of Bones, Twilight, dan Harry Potter,” sambung perempuan kelahiran 4 Oktober 1996 itu. Meski cukup menggilai membaca novel, dia tak pernah lupa dengan kebutuhan rekreasi.

Dia pun mengaku penasaran dengan nama-nama pantai yang ada di Malang Selatan. ”Pengen banget berangkat ke sana karena belum pernah sama sekali,” imbuh dia. Beberapa keterangan terkait nama pantai di Kabupaten Malang banyak dia dapatkan dari beberapa literasi. Khususnya dari media sosial (medsos).

 

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Bayu Mulya
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Hanifa Kirana