MALANG KOTA – SMPN 1 Malang mempunyai beragam inovasi pembelajaran yang patut ditiru. Mulai dari seni budaya, karya ilmiah remaja (KIR), hingga robotik. Hal inilah yang menjadikan sekolah yang dipimpin Dra Lilik Hermawati MPd itu berhasil menyabet juara kategori inovasi pembelajaran lingkungan hidup dari ajang Green School Festival (GSF) 2017.

Salah satu inovasi dari pembelajaran robotik adalah penemuan robot yang bisa mengambil dan memotong sampah. Selain itu, ada juga roket air.

Sementara di pembelajaran KIR, siswa-siswi berhasil mengolah buah ketapang menjadi tepung. Dimana kemudian dapat dikonsumsi menjadi makanan alternatif. Bahkan, tepung tersebut bisa digunakan sebagai alat penghantar listrik.

Selain itu, KIR SMPN 1 Malang berhasil menyuling tanaman minyak kayu putih menjadi minyak kayu putih. Ada pula jahe yang diubah menjadi minuman poka. “Kita banyak menggunakan sumber daya di sekitar lingkungan sekolah dalam setiap konsep pembelajaran,” terang Lilik, kepada Radar Malang Online.

Pewarta: Noer Indah
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Noer Indah