MALANG KOTA – SDN Lesanpuro 1 Kota Malang mempunyai sudut baca di setiap ruang kelas. Hal inilah yang menjadikan sekolah tersebut berhasil menyabet juara kategori literasi dan publikasi dalam ajang Green School Festival (GSF) 2017.

Tak hanya di ruang kelas, sudut baca juga hadir di ruang guru. Khusus disediakan untuk para guru dengan bacaan yang disesuaikan dengan profesi guru.

Selain itu, SDN Lesanpuro 1 juga menerapkan kepada para siswa untuk menulis soal kebaikan yang telah dilakukan selama seminggu kebelakang. Kebiasaan ini dilakukan setiap hari Rabu.

Sementara di hari Kamis, ada kegiatan Baca Senyap. Yakni kegiatan membaca buku secara berkelompok tanpa bersuara. Lalu di hari Senin, para siswa diberi tantangan untuk bercerita di akhir upacara bendera. Bagi siswa pemberani, akan mendapat hadiah.

Ada pula kebiasaan mendengar. Yakni para siswa wajib mendengarkan temannya bercerita tentang buku yang telah dibaca.

Semua kegiatan tersebut terangkum dalam program empat aspek literasi. Yakni berbicara, membaca, menulis, dan mendengarkan. “Agar para siswa terbiasa berkarya. Tidak hanya bisa berbicara dan membaca saja,” terang Koordinator Literasi dan Publikasi SDN Lesanpuro 1, Oeli M Ningsih SPd MPd, kepada Radar Malang Online.

Menurut Oeli, hadiah GSF 2017 nantinya akan digunakan untuk membeli buku baru. Sehingga, para siswa dapat memperoleh tambahan referensi baru.

Pewarta: Akhsanatul Mardliyah
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Akhsanatul Mardliyah