MALANG KOTA – Anda menderita kolesterol? Atau ingin mencegah terkena kolesterol? Caranya cukup mudah. Bahkan sangat mudah. Yakni rajin beristigfar.

“Istigfar itu bisa turunkan kolesterol. Maka banyak-banyaknya istigfar,” papar Ahli Perawatan Paliatif dan Bebas Nyeri Kanker, Dr H Agus Ali Fauzi, PGD Pall Med (ECU), dalam Ngaji Ilmiah Jelang Ramadhan, di kantor Jawa Pos Radar Malang, Jumat sore (19/5).

Lanjut Agus, tidak ada yang sulit dalam hidup ini. Semua mudah. “Yang membuat sulit itu pikiran, hati, dan perilaku. Semua itu mudah. Hanya kita sendiri yang membuat hidup sulit,” terangnya di hadapan puluhan karyawan Jawa Pos Radar Malang.

Tips sehat ala Agus adalah tidur 6-8 jam per hari, makan cukup dengan gizi seimbang, minum air putih setiap hari, menjaga hati dengan sabar dan ikhlas, serta perbanyak senyum.

“Senyum itu amalan yang paling mudah dan membuat sehat. Asal jangan senyum tanpa pasangan. Apalagi dipinggir jalan. Nanti bisa diangkut Satpol PP,” ucapnya disambut gelak tawa peserta Ngaji Ilmiah Jelang Ramadhan.

Menjelang bulan suci Ramadhan ini, Agus juga memberikan tips sukses dan berkah meraih Ramadhan. Diantaranya menata niat, hati, fisik, lisan atau ucapan, dan harta.

Pewarta: Lizya Oktavia
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Lizya Oktavia