KOTA BATU – Pesan-pesan unik dan menggelitik disampaikan sekitar 5.000 santri dari 200 TPQ (Taman Pendidikan Alquran) se-Kota Batu kemarin (13/5). Menjelang bulan suci Ramadan, mereka menggelar parade taaruf (perkenalan) di sepanjang Jalan Panglima Sudirman.

Bermacam poster dibawa dalam parade itu, yang tujuan nya untuk menyam paikan beragam pesanSalah satunya, mengingatkan masyarakat agar ber hati-hati meng guna kan media sosial (med sos). Apalagi, selama Ramadan, peng gunaan medsos yang tidak benar ber potensi membatalkan puasa. Selain itu, mereka juga meminta umat Islam rajin tadarus, dilarang marah, menjaga perkataan buruk, penglihatan dari zina, dan pendengaran dari hal yang tidak baik.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu Musta’in mengatakan, kegiatan ini memang digelar untuk menyambut datangnya bulan Ramadan, bulan yang suci yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam. ”Semula kami mau melibatkan berbagai lembaga, tapi ternyata TPQ saja sudah banyak. Ada 5.000 santri dari 200 lembaga,” kata Musta’in.

Di kota dengan sebutan De Kleine Switzerland atau Swiss Kecil ini, parade taaruf menyambut bulan suci Ramadan memang menjadi agenda tahunan. ”Tapi untuk tahun ini pesertanya lebih banyak,” ujar dia. Tidak ada tema khusus dalam acara ini. Namun, Musta’in melanjutkan,yang pasti semuanya
mempunyai tujuan yang sama. Yakni, menyambut bulan yang penuh berkah ini. ”Karena bulan suci berbeda dengan bulan lain,” terang dia.

Yang dilakukan para santri itu, kata dia, adalah cara untuk meng ingatkan semua warga agar ibadah selama bulan Ramadan menjadi lebih baik. ”Parade ini sebagai tanda bahwa sebentar lagi bulan Ramadan. Kurang beberapa hari. Semarak acara ini juga mengingatkan umat Islam agar termotivasi untuk beribadah lebih baik dari sebelumnya,” kata dia. Karena itu, dalam parade ke marin banyak diselipkan pesan dari para santri. Harapannya, pesan-pesan itu dilihat banyak orang dan semua jadi tahu tentang pentingnya meningkatkan kualitas ibadah dari sebelumnya.

pewarta :Aris Dwi
penyunting : Arief Rohman
copy editor :Abm
foto :Darmono