KEPANJEN – Pemkab dan Polres Malang mulai menunjukkan kesiapannya jelang bulan Ramadan. Bupati Malang Rendra Kresna saat ditemui beberapa waktu lalu berharap agar pengusaha tempat hiburan di Kabupaten Malang taat dengan aturan yang bakal disajikan.

”Kalau tidak ditutup kan justru mereka yang rugi, hanya diberi waktu satu jam untuk membuka, lebih baik ditutup saja selama bulan puasa,” ujar RendraKetua DPW Partai Nasdem Jawa Timur itu memastikan jika pihaknya tak akan menoleransi pengusaha hiburan yang membandel. Dia memastikan kesiapan Satpol PP Kabupaten Malang untuk me nindak semua pelanggaran. Hal senada juga disampaikan Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung.

Melalui kegiatan bertajuk Operasi Kemanusiaan, jajarannya bakal menyasar seluruh wilayah di Kabupaten Malang. ”Beberapa waktu yang lalu sudah kami gelar rapat koordinasi. Jadi, dalam operasi ini nanti bukan hanya Polri yang akan bertugas, tapi juga didukung instansi lain, seperti TNI dan satpol PP,” ujar Ujung-sapaan akrabnya.

Or ganisasi masyarakat juga bakal dikerahkan untuk menggelar operasi tersebut. ”Ada 2/3 pasukan akan kami terjunkan dalam operasi ini, ku rang lebih sebanyak 800 anggota akan kami sebar ke seluruh penjuru Kabupaten Malang,” tambah Wakapolres Malang Kom pol Deky Hermansyah. Dia menu turkan jika operasi kemanusiaan itu sudah digeber sejak satu minggu menjelang puasa.

Nantinya bakal diteruskan hingga beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Selain lalu lintas, target operasi itu juga diarahkan pada tempattempat hiburan. ”Tidak boleh ada sweeping dari masyarakat, tugas warga cukup melapor jika menemukan indikasi pelang garan.

Petugas kami akan melakukan penindakan,” sam bung mantan Kapolsek Singosari itu. Guna memastikan keamanan warga, Polres Malang membuka tiga pos pengamanan. Berada
di Lawang, Singosari, dan Wendit. Sementara satu pos lagi yakni pos pelayanan bakal ditempatkan di Jembatan Timbang Singosari.

”Untuk pos pantau kami buka di jalur-jalur wisata seperti Sengkaling, Gunung Kawi, Balekambang, Sendangbiru, Goa China, dan Bajul Mati,” sambung Deky. Di tempat terpisah, Kasatreskrim Polres Malang AKP Adrian Wimbarda mengaku me naruh perhatian khusus terhadap potensi tindak kriminal 3C. ”Mendekati bulan puasa, tindak ke jahatan curat, curas, dan cu ranmor biasanya memang meningkat,” ujar dia. Wilayah yang tergolong rawan terjadi tindak kriminal 3C itu tersebar di beberapa kecamatan. Seperti Lawang, Singosari, Pakisaji, Turen, dan Dampit.

pewarta :Farik Fajarwati
penyunting :Bayu Mulya
copy editor :Dwi Lindawati