Sejumlah pakaian dengan aneka macam model dipajang di A&R, di Daerah Sulfat, kemarin (8/6).

MALANG KOTA – Hari-hari jelang Lebaran menjadi momen legit bagi retail store untuk mendulang pendapatan. Rata-rata kunjungan retail store naik 40-60 persen. Angka ini diprediksi terus meningkat jelang Lebaran. Apalagi, pekerja formal saat ini mayoritas sudah memasuki libur panjang.

Store Manager Toko Pakaian A&R Andi Rumawanto mengatakan, di tempatnya kunjungan naik hingga 60 persen.”Selama Ramadan, per hari ada lebih dari 1.000 pengunjung. Dibanding hari biasa, ada 400 pengunjung,” ucap Andi, kemarin (8/6).

Tentu hal tersebut berpengaruh pada omzet ritel yang ada di daerah Sulfat ini. Selama Ramadan, pendapatan retail store ini naik menjadi tujuh kali lipat dari hari biasa.

”Pendapatan semakin memuncak menjelang H-7 Lebaran hingga H-1 Lebaran,” ujar Andi. Ia tidak memungkiri, Ramadan memang menjadi berkah musiman bagi retail store di Kota Malang.

Selama Ramadan, ada lebih dari 110 ribu item, mulai dari sektor fashion anak-anak, pria, dan wanita. ”Kami meningkatkan ketersediaan stok item kami sebesar 2 kali hingga 4 kali lipat dari bulan biasanya,” tambah pria berusia 38 tahun ini.

Dibanding sebelum Ramadan, item fashion yang terjual mencapai 1.000 item per hari. Selama Ramadan, item fashion yang terjual mencapai 1.600 lebih. Andi menjelaskan, terjualnya item fashion hingga mencapai angka seribu karena pihaknya menyediakan tren fashion sendiri.

Lebih lanjut, Visual Merchandise sekaligus Fashion Styling A&R Store, Allifia Sarah Devina, menjelaskan tren fashion yang ditawarkan A&R berkonsep timeless atau fashion yang tak lekang oleh waktu.

”Sebenarnya tren saat ini menonjolkan motif abstrak, tetapi kami lebih menawarkan konsep edgy yang mudah di-mix dan match,” ujar dara asli Kediri ini.

Warna yang mulai populer, ada warna terracota dan warna mustard. Untuk bahannya, ada masmara silk dan pattern silk. ”Kalau model, kami sedia gamis, jumpsuit, sweater, dan shirt motif lines,” tambah alumnus Polinema (Politeknik Negeri Malang) ini.

Untuk strategi pemasaran, A&R sudah menyiapkan promo khusus selama Ramadan. Andi Rumawanto menjelaskan, mereka memiliki promo triple combo yang unik. Pertama, ada promo Diserbu (di bawah seratus ribu), belanja all item fashion dengan harga mulai dari Rp49.000 hingga Rp99.900. Kedua, ada diskon item fashion sebesar 20 persen.

”Terakhir dan spesial, kami memberikan promo rezeki Ramadan, belanja 200 ribu berlaku kelipatan dapat satu kupon undian sepeda motor,” tambah pria asli Malang ini.

Sementara di retail store kawakan lainnya, Center Point, volume pengunjung naik di kisaran delapan hingga sepuluh ribu pengunjung dibanding hari biasa. Dwi Hasan Sanusi, Assistant Manager Store Center Point menjelaskan, dibanding season Ramadan, hari-hari normal seperti weekday volume pengunjung berkisar di angka 2 ribu hingga 3 ribu customer. Sementara saat weekend, volume naik mencapai 5 ribu pengunjung.

”Kalau tanggal merah yang jatuh pada weekend saja pengunjung berkisar 5 hingga 7 ribu, Ramadan bisa naik lagi lebih dari 10 ribu hingga hari H-1 Lebaran,” ujarnya.

Persiapan stok item fashion, Center Point sudah berkoordinasi dengan counter store yang bekerja sama. ”Sebulan sebelum puasa kami mempersiapkan item fashion minimal dua kali lipat dari hari biasa,” tambahnya.

Untuk setiap Ramadan, Center Point ada tema sendiri yang sudah disiapkan. ”Identiknya ke tema Turki, di semua sektor fashion pakaian terutama gamis dan baju koko,” tambahnya.

Selain fashion item, Hasan juga menunjukkan houseware (kelengkapan rumah tangga) milik Center Point banjir customer yang ingin membeli tea set untuk parsel. ”Sebulan, kami telah menjual 98 lebih parsel tea set,” ujar Hasan.

Untuk promo Ramadan, Center Point juga menyediakan promo kejutan bagi customer. Setiap pembelanjaan minimal Rp200 ribu berlaku kelipatan dan penggabungan struk customer mendapatkan kupon undian belanja Dahsyat 1.000 pemenang.

”Promo ini berlaku mulai 10 Mei hingga 11 juni, setiap hari ada 31 pemenang, 30 orang pemenang dapat voucher belanja masing-masing Rp250 ribu dan satu pemenang mendapat voucher Rp1 juta,” tambah pria asli Malang ini.

Ia juga menjelaskaan, khusus fashion wanita jika belanja hingga Rp400 ribu akan mendapatkan ikat pinggang. ”Yang paling utama diskon 70 persen di semua sektor fashion,” pungkasnya.

Pewarta: Sandra Desi
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Aroef Rohman
Foto: Darmono