Peneliti dan Pengajar Tetap Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia Devie Rahmawati memberikan tips agar resolusi yang diucapkan akan dilaksanakan sepanjang tahun. Jangan sampai resolusi hanya sekadar wacana tanpa terealisasi. Misalnya, rencana berhenti merokok gagal karena banyak godaan dari sekeliling. Sulit mengurangi minuman manis demi berat badan turun 5 kilogram tiap bulan.



“Ada tujuh langkah untuk memastikan resolusi dapat mulus dijalankan hingga akhir tahun, saya menyebutnya dengan istilah 7K langkah mencapai resolusi tangguh,” tegas Devie kepada JawaPos.com, Senin (1/1).

Pesta kembang api menyambut tahun baru 2018
(Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

1. Niat Harus Berasal dari Diri Sendiri
Studi menunjukkan bahwa target resolusi harus berasal dari target yang sederhana. Terlalu banyak target akan membuat banyak tekanan. Sedangkan University of Minnesotta menemukan bahwa kegagalan resolusi karena target yang dibuat bukan sesuatu yang kita inginkan, tetapi karena dorongan orang lain misalnya.

2. Lakukan Bertahap
Peneliti Nottingham University dan Universitas Toronto menyebutkan bahwa ketika sebuah target diturunkan dalam tahapan yang konkret dan mudah, maka seseorang akan sering merasa dirinya sukses. Kondisi ini akan membuat dirinya lebih percaya diri dan akan terus menetapkan target target berikutnya.

3. Koreksi Target
Bila setelah beberapa minggu tetap tidak menjalankan target tersebut, jangan ragu untuk mengevaluasinya. Peneliti dari Universitas Arizona mengatakan bahwa teknik tersebut penting untuk terus mengelola harapan kita tetap membara.

4. Konsisten untuk Melakukannya
Pengulangan menjadi kekuatan dari tercapainya resolusi. Cara untuk terus mengulang adalah dengan terus mengingat kenapa membutuhkan resolusi tersebut, menurut peneliti dari Washington University

5. Kerjakan Resolusi di Pagi Hari
Studi Universitws Nice Sophia menemukan bahwa organ biologis paling siap melakukan apapun di pagi hari. Dengan memulai semua resolusi di pagi hari, maka komitmen akan terus terjaga

6. Komitmen pada Momentum
Tahun baru, ulang tahun dan sebagainya. Hal ini untuk mengantisipasi manusia yang sering memasuki masa masa psikologis yang menurun atau labil.

7. Sampaikan
Komunikasikan informasi terkini tentang proses resolusi kepada orang lain terbukti ampuh mewujudkan resolusi. 70 persen pelaku resolusi yang mengupdate perkembangan resolusi mereka ke orang lain terbukti sukses dibandingkan dengan yang tidak membagikannya, hanya mencapai 35 persen kesuksesan.


(ika/JPC)