MALANG KOTA – Hari pertama Reuni Akbar Unmer Malang kemarin (1/12) dimeriahkan oleh bazar yang menampilkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Unmer Malang dan Kabupaten Malang. Produk yang dijual di dalam bazar beraneka ragam, mulai kuliner, kerajinan, hingga busana khas Malang.

Begitu sekretariat pendaftaran dibuka pada pukul 09.00, para alumni yang berasal dari seluruh Indonesia langsung berbondong-bondong melakukan registrasi. Mereka mendapatkan suvenir berupa kalender dan kaus.

Selain bazar, dalam reuni berjargon ”Gak Kangen Ta Rek?” yang  diselenggarakan mulai 1 hingga 3 Desember 2017 itu juga dimeriahkan oleh penampilan beberapa band dari mahasiswa Unmer dan alumni.

Tepat pada pukul 14.00, Wakil Rektor 3 Unmer Malang Sunarjo SH MHum membuka acara dan secara resmi mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh alumni yang menyempatkan diri mengikuti kegiatan ini. ”Dengan semangat dan kehadiran para alumni ini menjadi motivasi untuk membesarkan almamater tercinta,” ujarnya.

Menurut ketua panitia Dwi Cahyono SE, di hari pertama panitia sengaja membebaskan para alumni untuk saling bertemu rekan-rekan seangkatan dan menikmati masa nostalgia di gedung Balai Merdeka. Untuk hari ini (2/12), mereka akan dihibur dengan parade tari nusantara dan penampilan dari band The Dance Company.

Menurut dia, banyak alumni yang turut mengajak keluarga dan berbagi kenangan dengan anggota keluarganya tentang memori selama kuliah di Unmer Malang. Ada pula yang datang beramai-ramai beserta rombongan satu angkatan.

Reuni Akbar Unmer ini ditargetkan mampu menghadirkan sebanyak 3.000 alumni. Jumlah tersebut diperkirakan masih bertambah saat memasuki hari kedua. Alumni yang hadir berasal dari seluruh tahun angkatan, mulai 1970-an hingga 2000-an. Untuk mengabadikan momen reuni, panitia menyediakan stan foto dan juga dilombakan. Foto yang paling menarik akan mendapatkan hadiah dari panitia.

Untuk hari ini, para alumni akan diajak berolahraga dalam kegiatan fun walk yang dilanjutkan dengan pelepasan balon dan burung merpati. Kegiatan kali ini juga turut dihadiri Ketua DPP Alumni Unmer Malang selaku Bupati Malang Dr H Rendra Kresna MM MPM.

Lalu, ada juga gelaran tari nusantara yang dibawakan secara bergantian oleh 75 penari. Setelah rangkaian acara puncak di gedung Balai Merdeka, para alumni akan disambut oleh para dekan dan dosen di fakultas masing-masing lewat acara Tour De Campus.

Pada hari ketiga, Minggu (3/12), para alumni akan menikmati fun trip di beberapa pantai di Kabupaten Malang. Acara ini bertepatan dengan puncak peringatan Hari Jadi Ke-1257 Kabupaten Malang. Beragam kegiatan yang digelar adalah festival tari Bapang yang menghadirkan 5.000 penari di Pantai Ungapan, dan panggung hiburan di Pantai Balekambang.

Panitia menargetkan ada 300 peserta yang akan ikut dalam acara ini, dan mereka akan diangkut dengan bus pariwisata dan minibus. Bila acara kali ini sukses, di tahun-tahun berikutnya akan digelar lagi reuni akbar dengan konsep yang lebih menarik. (nr8/c1/lid)