Ikan merupakan salah satu makanan sehat kaya nutrisi penting seperti protein, vitamin D, kalsium, fosfor. Semuanya merupakan mineral yang sangat baik. Ada pula seperti zat besi, seng, yodium, magnesium dan potasium.



Ikan juga adalah salah satu sumber nutrisi penting terbaik seperti asam lemak omega-3 yang membantu tubuh tetap ramping. Tidak hanya itu, ikan juga memiliki manfaat dalam pengembangan tubuh dan memperbaiki fungsi kognitif.

Potongan ikan tongkol
(Pixabay.com)

Ikan tidak hanya mempengaruhi lingkar pinggang, tapi juga membantu fungsi tubuh lainnya termasuk perkembangan hati, otak, dan lain-lain, dan mengatur tidur dengan baik. Makan ikan setiap hari bisa mengurangi risiko beberapa penyakit, terutama yang berhubungan dengan jantung seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (2/1).

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi ikan setiap hari membuat risiko penyakit jantung koroner jauh lebih rendah. Makanan laut ini kaya akan asam lemak omega-3 yang sehat bagi jantung.

2. Mengurangi Penyakit Alzheimer

Ikan juga merupakan makanan penting bagi otak. Mengonsumsi ikan setiap hari diketahui bisa mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Selain itu, konsumsi rutin akan mengurangi penyusutan dan penurunan otak yang dapat menyebabkan komplikasi fungsi otak.

3. Menurunkan Depresi

Jika pernah merasakan gejala depresi, cobalah makan ikan. Minyak ikan bisa membantu memperbaiki gejala depresi dan meningkatkan kesehatan mental.

4. Sumber Vitamin D

Ikan mengandung vitamin D tinggi dan dianggap sebagai salah satu sumber makanan terbaik. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Untuk mengurangi risiko kekurangan vitamin D, konsumsi ikan secara teratur.

5. Meningkatkan Visi

Asam lemak omega-3 hadir dalam ikan bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata. Itu karena otak dan mata didukung oleh asam lemak omega-3 pada ikan.

6. Jadikan Tidur Lebih Baik

Jika mengalami masalah sulit tidur, makanlah ikan secara teratur. Menurut sebuah penelitian, peningkatan konsumsi ikan meningkatkan kualitas tidur bagi kebanyakan orang. Hal ini disebabkan tingginya konsentrasi vitamin D, yang membantu tidur lebih nyenyak.

7. Membantu Mengurangi Artritis

Seseorang yang menderita rheumatoid arthritis, maka wajib mengonsumsi ikan setiap hari. Rheumatoid arthritis adalah peradangan kronis pada persendian. Makan ikan secara teratur dapat membantu meringankan pembengkakan dan nyeri.

8. Menurunkan Kolesterol

Ikan memiliki kemampuan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk) dalam tubuh. Asam lemak omega-3 pada ikan diketahui membantu mengurangi kadar kolesterol dan mencegah kolesterol.

9. Mengurangi Penyakit autoimun

Menurut sebuah penelitian, makan ikan setiap hari dapat membantu mencegah penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1. Kandungan vitamin D yang tinggi ditemukan pada ikan membantu kekebalan tubuh dan metabolisme glukosa.

10. Mencegah Gejala PMS dan Nyeri Haid

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, wanita yang menderita gejala pramenstruasi harus makan ikan ke dalam makanan mereka secara teratur. Itu karena omega-3 bisa mencegah hal itu.


(ika/JPC)