MALANG KOTA – Ust. Dr. Charis Bangun Samudera. Seorang ustad mualaf asal Surabaya ini beri kajian terkait pentingnya bersyukur kepada ratusan mahasiswa di Aula Basement Dome UMM. Senin (14/5)

“Syukur, bukan hanya sekedar ucapan. Tapi makna syukur juga terwujudkan melalui amal ibadah, amal soleh, dan memanfaatkan nikmat uang yang diberikan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya lewat Pengajian Akbar dalam rangka Dies Natalis ke-50 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UMM.

Menurut ustad 50 tahun ini, syukur bukan hanya kepada Allah. Salah satu yang langkah terkecil yang menjadikan manusia semakin hari semakin baik, ialah mensyukuri diri sendiri. Lagaknya yang agak kocak dalam bertutur, bisa membawa suasana menjadi sangat santai, penuh tawa terkadang serius.

Sementara itu. Dr. Rinikso kartono, M.si, Dekan FISIP UMM mengungkapkan. Kegiatan yang sengaja digelar sejak pukul 10.00 WIB ini, di harapkan mampu membangun nilai-nilai rohani sekaligus dalam penguatan akademik mahasiswa.

Di usia fakultas yang mencapai separuh abad, FISIP tentu sudah mempersiapan beberapa inovasi sebagai upaya untuk terus mengejar level internasional. Salah satunya lewat sistem pembelajarn full teknologi.

“Karena ini era zaman now ya, mau ngga mau kita akan menerapkan sistem full teknologi dalam proses pembelajaran. Misalnya proses pembelajaran ASA (Acceselrasi sustem Academic), dibawahnya ada sistem SIMBOL (sistem pembelajaran dan bimbingan online),”ungkap Rinikso

Simbol sendiri artinya, mahasiswa tidak harus full bertatap muka tapi dengan sistem pembelajaran online. selain itu, juga ada OGP (Open Goverment Partnership) dimana semua mahasiswa boleh saling sharing dan kritik dengan dosen. Sekaligus upaya mengejar target untuk mempertahankan akreditasi A.

Diketahui sebelumnya, FISIP tengah menggelar Pengajian Akbar dalam perayaan HUT ke-50 dengan tema “Pengajian Akbar bersama Mualaf, mensyukuri nujmat Allah Dalam 50 Tahun FISIP”. Dihadiri tak hanya mahasiswa, tapi juga dosen dan beberapa staff Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik lainnya.

Pewarta : Feni Yusnia
Foto : Feni Yusnia