MALANG KOTA – Jelang Hari Raya, tempat-tempat perbelanjaan di Kota Malang penuh sesak. Akibat kepadatan pengunjung yang berbelanja untuk persiapan Idul Fitri.

Di balik kepadatan pengunjung, para juru parkir yang setia berjam-jam menunggu juga mengatur kendaraan pelanggan, bak ketiban rezeki. Bahkan pendapatan mereka bisa dua kali lipat lebih dari biasanya.

Suparman, 57, seorang juru parkir di Pasar Besar Malang ini mengatakan jika penghasilannya cukup lumayan saat Ramadan. “Biasanya cuma Rp 100 ribu – Rp 125 ribu sehari. Kalo sekarang bisa nyampe Rp 300 ribu,” ujarnya

Tak hanya itu, Khoirul, 36, juga demikian. Pria yang kesehariannya hanya meramut burung ini, kini punya pekerjaan. Pasalnya, ia jadi juru parkir dadakan karena kurangnya tenaga di salah satu toko sebelah barat Pasar Besar.

“Alhamdulillah, bisa buat tambahan. Dapetnya lumayan Rp 120 ribu – Rp 135 ribu itu bersih,” ungkapnya

Dari pantauan penulis, banyak kendaraan keluar masuk silih berganti di sekitar Pasar Besar itu. Kepadatan ini diprediksikan masih akan terus hingga malam terakhir Ramadan. “Kalau malam ini makin rame, sampai penuh-penuh. Nggak jarang nolak pengunjung soalnya lahan gak cukup,” ujar Khoirul.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia