MALANG KOTA – Mudik Lebaran, segala transportasi umum telah disiapkan. Bagi pemudik yang menggunakan bus, dipastikan hingga menjelang H-2 Lebaran tidak begitu padat.

Ditemui tim radarmalang.id , Hadi Supeno, Korsatpel Terminal DBA (Database Administrator) Arjosari Malang menyampaikan, segala persiapan mudik untuk bus di Terminal Arjosari telah siap.

“Persiapan bus sudah, namun memang transportasi bus ini tidak banyak diminati pemudik. Sejauh ini H-2 Lebaran, pemudik baru membeludak untuk arah Jawa Tengah, biasanya setelahnya sepi lagi,” ujarnya.

Dari tahun ke tahun, transportasi yang paling diminati pemudik adalah kereta api. Menurutnya, arus lalulintas yang menjadikan pemudik lebih memilih kereta dibandingkan Bus.

“Arus lalu lintas untuk bus ini kan tidak bisa ditentukan, jamnya tidak menentu. Beda dengan kereta yang sudah memiliki jalurnya sendiri. Jam nya pun sesuai, pemudik lebih nyaman dengan model transportasi yang tepat waktu,” imbuhnya.

Terlaksananya mudik Lebaran ataupun arus balik Lebaran diharapkan bisa membawa penumpang dengan aman dan nyaman. Imbauan bagi pemudik diharapkan untuk tidak membawa barang yang berlebihan.

“Bawaan barang yang berlebihan akan menyulitkan mereka sendiri. Mereka akan kesushan dan numpuk – numpuk. Sebaiknya membawa yang secukupnya saja, jadi perjalanan pun tenang,” papar Hadi.