MALANG KOTA – Nasib sekitar 15.000 pelanggan PDAM di Kecamatan Lowokwaru memprihatinkan. Kemarin (12/9), mereka tidak mendapatkan air bersih dari PDAM Kota Malang karena ada saluran pipa yang bocor.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka harus mengantre di mobil tangki air hasil pengiriman PDAM. Seperti yang terlihat di Jalan Kertoraharjo, Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru.

Rahmat, salah satu warga Ketawanggede, misalnya, mengaku antre air bersih sejak pukul 09.00 hingga 11.00. Dia menceritakan, air PDAM mampet sejak Senin siang (11/9). ”Awalnya, aliran air kecil dan keruh. Setelah itu, mati sejak Senin sore hingga Selasa,” ujar Rahmat di sela-sela mengantre air.

Pantauan Jawa Pos Radar Malang, ada dua mobil tangki yang dikirim PDAM ke Kelurahan Ketawanggede. Meski begitu, kiriman air bersih tersebut tidak bisa mencukupi kebutuhan seluruh pelanggan.

Agus Irianto, salah satu petugas pengirim air PDAM, menyatakan, aliran air mampet karena terdapat kebocoran pipa. Pipa berukuran sekitar 8 inci tersebut bocor akibat terlindas alat berat di Dawuhan, Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Padahal, pipa tersebut mengalirkan air untuk pelanggan se-Kecamatan Lowokwaru.

Pewarta: Aris Syaiful
Penyunting: Mahmudan
Foto: Bayu Eka
Grafis: Dhika Rozqi