MALANG KOTA – Penghargaan yang diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Malang seakan-akan tak pernah berhenti. Usai dinobatkan sebagai Kota Sehat Nasional, Komitmen Layak Huni, Kota Layak Anak (KLA), dan sederet penghargaan lain, kini pemkot kembali menyabet penghargaan. Penghargaan di bidang Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) itu diraih Kelurahan Sawojajar dan perusahaan daerah air minum (PDAM).

Rajajowas, sebutan Sawojajar, meraih penghargaan karena inovasinya membuat aplikasi online berupa SINGO (Sistem Pelayanan Malang Online). Sedangkan PDAM berinovasi membuat TWUIN (Total Water Utility Intergrated Network).

Dua penghargaan itu diterima Wali Kota Malang Moch. Anton usai Jambore Inovasi Jawa Timur 2017 kemarin (5/12). ”Kunci sukses pemimpin itu harus belajar dari masyarakat, selalu dinamis mengikuti kepentingan-kepentingan yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo usai menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Malang Moch. Anton dan beberapa kepala daerah lain.

Menurut Soekarwo, pemimpin harus bisa merumuskan kebijakan prorakyat. Selain itu, juga bisa merangkul masyarakat untuk bersama-sama memajukan daerahnya. ”Pemimpin juga harus bersedia turun langsung dan berdiskusi bersama warga,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Demokrat Jawa Timur itu.

Sementara itu, Wali Kota Malang Moch. Anton menyatakan, pihaknya bangga memiliki pegawai yang kreatif, sehingga bisa membuat pelayanan kepada masyarakat semakin mudah. Anton mempersembahkan penghargaan tersebut untuk warga Kota Malang. ”Kami harap semua OPD (organisasi perangkat daerah) terus berinovasi agar pembangunan di Kota Malang berjalan dengan baik,” kata Anton. ”Lalu, inovasi itu bertujuan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tambah wali kota berlatar belakang pengusaha itu

Seperti diberitakan, aplikasi SINGO telah mengantarkan Rajajowas meraih beberapa penghargaan. Usai menjuarai Otonomi Award Lurah-Camat 2017, Rajajowas kemudian meraih penghargaan sebagai kelurahan terbaik se-Jatim, dan kelurahan terbaik tingkat nasional.

Pewarta : Aris Syaiful
Penyunting : Mahmudan
Copy Editor : Arief Rohman