Sementara itu, bersamaan dengan kegiatan JBM, digelar pula agenda Malang Fashion Trend 2018 yang didukung penuh Dinas Perindustrian Kota Malang dan Viva Cosmetic sebagai official Make Up & Hair Do.

Event ini mempersembahkan fashion show karya terbaik dari desainer kebanggaan IFC seperti Ali Charisma, Deden Siswanto, Lenny Agustin, Sofie, Oka Zulkarnaen, Wedha Gita, Hannie Hananto, Gelardus Sugeng, Elma, Bramanta Wijaya, serta Mudrika Paradise.

Mengusung tema We Rise by Lifting Others, gelaran JBM ini ingin mengajak seluruh anggota IFC sebagai pelaku kreatif untuk tidak menutup diri sendiri yang akhirnya tidak bisa mengembangkan karyanya.

Menurut Ali Charisma, National Chairman IFC, keterbukaan dan membantu sesama profesi itu penting dilakukan. Sebab, dengan membantu orang lain, terutama sesama pelaku kreatif, maka mereka akan banyak belajar hal baru yang belum diketahui. ”Kita akan maju dengan membantu orang lain,” ujar Ali.

Ali juga menyebutkan, program dan kegiatan IFC sejauh ini memang lebih ditekankan pada peningkatan kualitas anggota IFC, baik dari segi pendidikan, desain, serta bisnis. Juga, terus berupaya untuk memperkuat fondasi industri fashion di tanah air.

Bahkan, IFC juga terus mengembangkan program untuk menggaungkan potensi fashion di kancah internasional. ”Belum lama ini IFC membawa 10 desainer untuk pameran dagang internasional di Hongkong Fashion Week, Fall / Winter 2018, 15–18 Januari lalu,” terangnya.

Di tahun 2018 ini, Ali menambahkan, IFC berkomitmen akan melanjutkan program dan kegiatan yang telah dirintis dan dikembangkan di tahun lalu. Harapannya, IFC dapat berperan aktif dalam mendorong industri fashion di tanah air. ”Agar kami juga bisa turut serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Sebagai informasi, IFC ini tidak hanya mewadahi desainer fashion, tetapi seluruh pelaku terkait bidang industri fashion juga tergabung di organisasi ini. Seperti desainer aksesori, sepatu, tas, dan tekstil. Sejak berdiri Desember 2015 lalu, IFC telah memiliki hampir 200 anggota di setiap chapter-nya yang tersebar di hampir di seluruh kota besar di Indonesia. (bin/c1/abm)