SINGOSARI – Berada di Kota Santri, MTs Almaarif 01 Singosari, dikelilingi kurang lebih 16 pondok pesantren (ponpes) yang turut bekerja sama menyukseskan kegiatan pendidikan di negeri tercinta. Sudah 59 tahun madrasah ini mengemban kepercayaan masyarakat untuk ”dititipi” putra-putrinya menuntut ilmu. Setengah abad lebih pula MTs Almaarif 01 Singosari terus berusaha memperbaiki diri, meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan.

Dibina Prof Dr KH Moh Tholchah Hasan (mantan Menteri Agama era Presiden KH Abdurrahman Wahid), madrasah yang kini memiliki siswa 1.046 dari berbagai penjuru (Sabang hingga Merauke).

Berbagai macam ekstrakurikuler (ekskul) dan fasilitas di madrasah sangat mendukung minat bakat serta kegiatan siswa sehari-hari. Prestasi pun terus mengalir setiap mengikuti event, dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Seperti Nabrisatul Chusna, siswa kelas 8I yang telah berhasil meraih juara I Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Biologi se-Kabupaten Malang. Nantinya dia akan mewakili Kabupaten Malang untuk diadu dengan peserta dari kabupaten lain di tingkat provinsi. Begitu pula dengan M. Liyaudin (siswa kelas 8G) yang telah berhasil meraih juara II taekwondo  tingkat Provinsi Jawa Timur. Madrasah pun beberapa kali mendapat penghargaan sebagai sekolah berdedikasi tinggi di bidang penulisan tingkat nasional dan masih banyak lagi prestasi yang sudah diraih.

Madrasah yang berslogan ”KEREN” (Kreatif, Edukatif, Religius, Elegan, dan Nyaman) ini siap bersaing di era milenial ini dengan akhlak, ilmu, dan nilai-nilai agamis akan membentuk siswa-siswi  MTs Almaarif 01 Singosari menjadi insan yang beriman, bertakwa, berilmu, berakhlakul karimah, cerdas dan terampil, serta cinta tanah air.

pewarta :ika
penyunting :Neni
copy editor :Dwi Lindawati