Sistem Satu Arah

RADAR MALANG ONLINE – Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) memberlakukan sistem satu arah, mulai Rabu (13/6) sekitar pukul 17.55 WIB lantaran melonjaknya arus kendaraan dari Jakarta pada H-2 lebaran.

Diberlakukannya aturan tersebut lantaran, terjadinya kepadatan kendaraan di ruas tol Km 98 di Subang hingga Km 218, Mertapada, Kecamatan Astanajapura.

Pantauan di lokasi, empat lajur di dua jalur Tol Palikanci diberlakukan sistem satu arah. Jalur dari arah Jawa Tengah menuju arah Jakarta ditutup sementara waktu, selama arus kendaraan bisa kembali normal.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy menyampaikan sistem satu arah diberlakukan karena adanya lonjakan arus kendaraan sepanjang 120 Km dari Km 98 Subang ke Mertapada 218 Km.

Dikatakannya, pada H-2 Lebaran ini arus kendaraan dari Jakarta meningkat. Sehingga instruksi dari pusat jalur Tol Subang ke Palikanci ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

“Memang ada lonjakan arus dari arah Jakarta ke Jawa tengah lumayan panjang. Kebijakan dari pusat harus dilakukan sistem satu arah dari Km 98 Subang ke Km 218 Mertapada,” ujarnya saat meninjau di pintu masuk Tol Palikanci.

Sementara dari arah sebaliknya, arus kendaraan dialihkan di jalur arteri Pantura Cirebon. Sementara kendaraan yang sudah terlanjur masuk Tol Palikanci, arus kendaraan terpaksa dikeluarkan ke pintu keluar tol Ciperna menuju jalur arteri Pantura.

“Untuk menunggu waktu normal, kita masih menunggu instruksi dari pusat. Bila arus sudah normal, akan dibuka lagi jalur ke Jawa Tengah,” ujarnya.

Sementara kepadatan kendaraan menuju pintu masuk rest area 207 A tidak ditutup karena bersamaan dengan waktu berbuka puasa. Jika dipaksakan ditutup, maka petugas kesulitan untuk mengatur lalu lintas.

(wiw/JPC)