GAYENG: Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Dra Zubaidah MM berbaur dengan siswa pada grand final Green School Festival (GSF) di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), 25 November lalu.

MALANG KOTA – Apa sebenarnya yang membuat Kota Malang konsisten meraih prestasi, baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional? Penghargaan yang diraih dinas pendidikan (disdik) awal tahun ini mungkin menjadi salah satu jawabannya.

Seperti diketahui, pada 25 Januari lalu, Disdik Kota Malang mendapatkan penghargaan sebagai Pengelola Pendidikan Terbaik di Daerah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kala itu, penghargaan diterima langsung oleh Kepala Disdik Dra Zubaidah MM di Jakarta.

Seperti pernah diberitakan, Zubaidah mengatakan bahwa penghargaan itu merupakan bentuk pengakuan dari Kemendikbud terhadap dunia pendidikan di Kota Malang. ”Sebelumnya tidak ada pemberitahuan. Tahu-tahu langsung diberikan penghargaan. Berarti, kinerja insan pendidikan selama ini diamati oleh Kemendikbud,” kata Zubaidah.

Dia mengatakan, ada sejumlah hal yang membuat Kota Malang akhirnya meraih penghargaan itu. Di antaranya, konsisten menjalankan program sekolah Adiwiyata. Termasuk di dalamnya penyelenggaraan event tahunan Green School Festival (GSF).

Sementara itu, Wali Kota Malang Moch. Anton menyebut bahwa penghargaan itu menunjukkan seberapa besar kontribusi pemkot, terutama disdik, terhadap dunia pendidikan di Kota Malang. ”Sekolah gratis menjadi salah satu contoh keberpihakan pemerintah kota terhadap dunia pendidikan,” kata pria yang akrab disapa Abah Anton ini beberapa waktu lalu.

Dia pun beharap disdik bisa mempertahankan bahkan meningkatkan prestasinya. ”Inovasi harus terus dilakukan,” pungkas dia. (*/c1/mf)