Kaum Adam, Perhatikan 6 Tahap Penuaan Dini Mulai Muncul

Banyak orang mengeluhkan tanda penuaan dini berupa garis halus di pelipis, kepala menjadi botak, daun telinga yang berkerut, atau lemak di sekitar kelopak mata. Orang-orang yang memiliki tanda tersebut bisa memiliki risiko 57 persen terkena serangan jantung atau 37 persen risiko penyakit jantung.

Para peneliti meneliti 10.885 pria dan wanita yang berusia 40 tahun. Mereka menganalisis gejala penuaan pada seluruh peserta. Menggunakan data studi jantung di Kopengagen, sebanyak 3.401 peserta sudah tekena penyakit jantung dan 1.708 di antaranya terkena penyakit jantung terkait tanda penuaan itu.

“Tanda penuaan seperti adanya timbunan lemak pada sekitar kelopak mata akan tampak seperti benjolan kuning pada kulit. Ini merupakan salah satu indikator tingginya kadar lemak dalam darah,” kata Dokter Ahli Anti-Aging Dr. Deby Vinski, MScAA, PhD, saat peluncuran buku berjudul The Power of A Man, Jumat malam (10/11).

Tahap 1 (Usia 20)
Tahap pertama pada masa usia 20-an. Pada usia ini seorang pria mulai menunjukkan tanda-tanda awal penuaan meski masih samar seperti menipisnya rambut, otot melemah, dan mudah kelelahan ketika berolahraga. Maka penting sekali untuk memberikan perhatian pada pola makan dan olahraga.

Tahap 2 (Usia 30)
Garis-garis dan kerut mulai muncul di sekitar mata dan mulut ketika kulit mulai kehilangan kelenturannya. Pendengaran mulai berkurang terutama bila suka mendengar musik menggunakan speaker atau earphone. Pengendalian kolesterol penting. Setelah usia 35 tahun uban mulai muncul dan perut mulai membuncit.

Tahap 3 (Usia 40)
Kebotakan semakin nyata. Keriput-keriput muncul di tepi kelopak mata, juga di ujung-ujung dan garis-garis lain mulai muncul. Pria di usia ini mulai membutuhkan kacamata plus atau fokus ganda. Seks libido mulai berkurang karena kadar testosteron mulai menurun.

Tahap 4 (Usia 50)
Kekebalan tubuh menurun, membuatnya lebih mudah jatuh sakit dan terkena infeksi. Gusi mulai berubah secara mencolok. Tanda-tanda masalah prostat mulai muncul. Lemak di bawah rahang dan dagu tampak seperti bertingkat.

Tahap 5 (Usia 60)
Berat badan mulai turun karena massa otot berkurang. Akibatnya kulit menjadi kendur dan menggelayut terutama di sekitar lengan dan bahu. Kantong-kantong di bawah mata menjadi jelas. Pundak menyempit dan warna rambut pudar.

Tahap 6 (Usia 70)
Kulit menjadi lebih kasar dan warnanya berubah tak merata berupa bercak di sana-sini. Tidurnya berkurang dan lebih mudah sakit. Daya ingat juga berkurang.


(ika/JPC)

Source link

Source link