Jamin Nggak Dukung Jokowi, Amien Rais Dikritik Elite Partainya Sendiri

Menanggapi pernyataan seniornya, Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan rupanya memiliki perbedaan pandangan. Dia menegaskan, saat ini PAN justru masih membuka kemungkinan peluang koalisi dengan kubu manapun, termasuk gerbong mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Sekali lagi saya tegaskan bahwa DPP ini dipimpin oleh Ketua Umum Zulhas (Zulkifli Hasan). Nanti, yang memutuskan itu Rakernas,” katanya di Jakarta, Selasa (24/4).

Deklarasi pencapresan Joko Widodo saat Rakernas PDIP di Bali.
(Muhammad Tan Reha/Jawapos)

Dia menuturkan, sampai ada keputusan di Rakernas artinya semua peluang dukungan masih terbuka lebar. Bara juga menjelaskan, partai berlambang matahari itu menggunakan pertimbangan rasional dalam menentukan arah koalisi.

Artinya, lanjutnya, koalisi yang dibangun tidak hanya mengakomodasi kepentingan partai. Melainkan, koalisi diharapkan dapat mengakomodasi kepentingan nasional.

“Jadi, kepentingannya kita di atas semua golongan. PAN tidak memperjuangkan satu golongan saja, satu suku, satu agama. Tapi, yang penting adalah untuk kepentingan seluruh bangsa,” imbuh Bara.

Meski begitu, dia mengaku, nasihat dari Amien Rais tetap menjadi pertimbangan penting partai dalam mengambil keputusan. Akan tetapi, Bara pribadi meminta agar Amien memberikan pertimbangan yang rasional, dan bukan hanya sekadar kesukaan pada figur tertentu.

“Lagi-lagi, pertimbangan yang rasional. Bukan pertimbangan personal, like or dislike,” pungkasnya.


(aim/JPC)