KABUPATEN MALANG – Pendamping PKH (program keluarga harapan) melakukan P2K2 (pertemuan peningkatan kapasitas keluarga) untuk penerima bantuan PKH. Dari sana munculah dari beberapa pendamping untuk melakukan inovasi bagi para KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Inovasi tersebut bermacammacam. Ada yang membuat Kampoeng Strowberry, SenamJantung Sehat, dan Budidaya Bunga dengan Kearifan Lokal. Ketiga inovasi tersebut mendapat apresiasi dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Para pendamping PKH pun diundang pada tanggal 29 Juni 2018 untuk mempresentasikan inovasi tersebut sebagai lomba agar mampu lolos tahap seleksi nasional.

Pendamping PKH tersebut berasal dari Kabupaten Malang, yaitu Agus Hasan Hawafi (Pendamping PKH Kecamatan Pujon), Hari Sayogo (Pendamping PKH Kecamatan Pujon), dan Nur Eko Cahyono (Pendamping PKH Kecamatan Dampit).

Inovasi yang sangat bermanfaat ini di lakukan pendamping PKH bersama KPM dengan tujuan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi keluarga.

Melalui pemberdayaan ini, pendamping PKH ingin merubah mindset KPM bahwa yang layak mempunyai usaha bukan hanya yang ber-jas dan mempunyai uang banyak, namun wong cilik juga pantas.

Harapan tim PKH Kabupaten Malang, setelah mempresentasikan dan penilaian langsung di lapangan pemberdayaan ini dapat terus maju membawa harum nama PKH Kabupaten Malang.

Penulis: Lesi Mutika Lewa
Penyunting: Kholid Amrullah