MALANG KOTA – Wali Kota Malang Moch. Anton meraih penghargaan The 3rd Certificates of Recognition 2017 untuk indikator clean water di ajang ASEAN ESC (Enviromentally Sustainable City) Award di Brunei Darussalam tadi malam (12/9).
Penghargaan itu diberikan Kementerian Pembangunan Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, karena Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dinilai berhasil menjaga lingkungan. Dalam kesempatan itu, Anton didampingi Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang Jemianto.
Anton bersama Jemianto dan beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang sudah tiba di Brunei Darussalam sejak Senin lalu (11/9). ”Kerja keras pemkot ini sudah membuahkan hasil. Kami dan warga Malang bangga (meraih penghargaan),” ujar Anton kemarin.
Wali kota berlatar belakang pengusaha itu mengetahui bakal meraih penghargaan internasional tersebut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Dalam surat dari Direktur Jenderal (Dirjen) KLHK tertanggal 14 Agustus lalu, Anton diminta menghadiri ASEAN ESC. Orang nomor satu di Pemkot Malang itu diperbolehkan membawa dua pejabat lainnya.
Sementara itu, Kabag Humas Setda Kota Malang Nur Widianto menyatakan, pemkot mendapatkan penghargaan di tingkat internasional itu karena komitmennya menjaga lingkungan. ”Ini merupakan wujud komitmen pemkot di bidang pembangunan lingkungan,” ujar Wiwid–sapaan akrab Nur Widianto.

Pewarta : Aris Syafiul Anwar
Editor: Mahmudan