GEDANGAN – Ribuan warga ikut memeriahkan gelaran Funbike yang digelar di Jalur Lingkar Selatan (JLS) kemarin pagi (12/11). Dilepas langsung oleh Bupati Malang Rendra Kresna, peserta kegiatan yang juga bagian dari agenda Malang Beach Festival tersebut bersuka ria sambil menikmati pesona pesisir pantai Malang Selatan.

”Ke depannya bukan hanya wisata pantai yang akan menjadi unggulan, melainkan juga dari sport tourism atau wisata olahraga,” ujar Rendra. Sport tourism sendiri diyakini akan banyak menyedot perhatian wisatawan.

Sebab, mindset orang modern saat ini rekreasi bukan hanya untuk refreshing, melainkan juga untuk kesehatan. Terlebih, kegiatan JLS Funbike kali ini digelar di sepanjang pesisir Pantai Selatan sehingga bukan hanya sehat, agenda ini sekaligus menjadi ajang promosi pantai di Kabupaten Malang.

Karena itu, peluang wisata olahraga yang ada di Kabupaten Malang juga akan terus digali potensinya. ”Termasuk di antaranya bersepeda, berenang, mendaki gunung, semua akan kami dukung kesiapannya,” ujar Rendra.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Malang H M. Sanusi, Komandan Korem 083 Baladhika Jaya Kolonel Inf Bangun Nawoko, Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzzawad, beserta jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Malang.

Sementara itu, Ketua Pelaksana JLS Funbike Slamet Suyono menuturkan, antusiasme peserta untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sangatlah besar.

”Sebanyak 4.000 tiket habis dalam waktu yang relatif singkat, pesertanya pun dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa,” ujar Slamet.

Bukan hanya dari Kabupaten Malang, JLS Funbike ini juga diikuti oleh peserta dari luar kota, seperti Blitar, Pasuruan, dan Lumajang. Hadiah menarik disiapkan panitia, di antaranya grand prize 5 unit sepeda motor dan 12 unit sepeda gunung.

Menempuh jarak kurang lebih 15 kilometer dengan pemandangan alam yang aduhai tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta. ”Seru sekali, baru pertama kali ini gowes di pesisir pantai sambil melihat ombak,” kata Mahmudah, salah satu peserta JLS Funbike.

Perpaduan antara pemandangan yang indah serta tanjakan dan turunan yang lumayan menguras keringat membuat wanita asal Kota Malang ini sangat terkesan dengan JLS Funbike.

Nggak sia-sia deh nginap semalaman tidur di mobil supaya bisa gabung gowes di JLS,” tukasnya.

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Achmad Yani
Copy Editor: Indah Setyowati