KABUPATEN MALANG – Meski terbukti ampuh mengurai kemacetan jalur Surabaya – Malang. Namun, jumlah pengendara yang lewat di Jalan tol Mapan (Malang-Pandaan) masih jauh dari perkiraan.

Berdasarkan data yang dipaparkan Selasa, (12/6), hingga pukul 15.00 masih sekitar 250 kendaraan yang terhitung keluar dari pintu seksi tiga tol, area Karanglo, SIngosari Kabupaten Malang itu.

Sejak difungsionalkan sejak 8 Juni lalu, peningkatan lalu lintas di jalur Tol Mapan rata-rata masih di bawah 3.000 per hari. Angka tersebut dinilai masih jauh dari target yang diperkirakan sekitar 7.000 kendaraan per hari.

“Berdasarkan arus di Gempol – Pandaan, di sana ada 20 ribu kendaraan per hari. Kalau kita buka satu shift dari jam 7 pagi sampai 5 sore, harusnya bisa sepertiga, jadi 7.000 an lah. Ini kan belum tercapai,” ujar Agus Purnomo

Direkrut PT Jasa Marga Pandaan-Malang ini menambahkan, jika hal tersebut dikarenakan libur yang relatif panjang sehingga tak sampai berdampak pada penumpukan kendaraan.

Diketahui, ruas jalan tol Mapan ini masih akan difungsionalkan hingga arus balik, 24 Juni mendatang. Dengan target akhir tahun 2018 akan segera dioperasionalkan.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia