MALANG KOTA – Munculnya istilah kids zaman now hingga fenomena hitsnya sosial media. Membuat KH Mustofa Bisri (Gus Mus) prihatin.
Ia mengatakan jika kini banyak manusia menjadi bodoh dikarenakan, generasi saat ini lebih aktif di sosial media.
“Tanpa bertemu, mereka mencaci, memaki, dan merasa benar karena tidak dilihat orang,” ujar Gus Mus dalam sesi wawancara setelah acara dialog kebangsaan “Merajut Kebersamaan dalam Kebhinnekaan” Selasa pagi (13/3) di Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama).
.
Untuk itu, dia berharap sosoial media harus digunakan sebaik mungkin dan bermanfaat. Meskipun, ada istilah sosial media membuat orang gila. Jangan sampai ikut gila. “Umat jangan sampai kehilangan akal sehat paringane Gusti Allah,” tegasnya.


Hal tersebut ia sampaikan mengingat, munculnya kelompok Muslim Cyber Army (MCA) yang mengatasnamakan pembela Islam yang sedang diproses hokum oleh Bareskrim Polri.

Gus Mus menyatakan jika polisi harus benar-benar menindak apapun yang dirasa keliru. Karena ini adalah negara hukum. Ia juga menambahkan, agar seluruh manusia harus menyadari dan memiliki rasa nasionalis akan Indonesia. “Idonesia ini rumah kita semua, harus kita jaga bersama sama,” imbuhnya.

Di sisi lain, tokoh sekaligus sastrawan ini juga sedang proses menerbitkan buku berjudul Aku Manusia. Sayangnya, ia belum mau membocorkan hal lain terkait karya terbarunya. Penasaran ? Kita tunggu saja !

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer : Feni Yusnia