Rektor Uniga Prof Dr Dyah Sawitri MM (dua dari kanan) bersama Dirut MetroTVNews.com Firdaus Dayat (dua dari kiri) dan didampingi GM Sales Marketing MetroTVNews.com Avi Pranantha (kiri) dan Wapemred MetroTVNews.com Khudori.

MALANG KOTA – Baru-baru ini Universitas Gajayana (Uniga) Malang menjalin kerja sama beasiswa pendidikan dengan MetroTVNews.com. Perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jalan Mertojoyo Blok 1 Kelurahan Merjosari, Kota Malang, itu dipilih oleh situs berita dan video Indonesia tersebut menjadi bagian dari 12 perguruan tinggi unggulan di lima kota. Uniga akan menjadi tempat menuntut ilmu para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut.

Penandatanganan kerja sama online scholarship competition (OSC) berlangsung di Jakarta pada 21 Juli 2017 lalu. Ini menjadi kesempatan istimewa bagi generasi muda yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi. ”Kompetisi ini merupakan kemudahan bagi putra dan putri yang ingin melanjutkan pendidikan setelah SMA. Mereka yang lolos bisa berkuliah di 12 perguruan tinggi terpilih, termasuk di Uniga Malang, hingga S1,” ungkap Rektor Uniga Malang Prof Dr Dyah Sawitri MM.

Ada 240 beasiswa S1 yang akan diberikan kepada mereka yang lolos tahapan tes. ”Setiap perguruan tinggi akan memberikan 20 beasiswa. Untuk Malang sendiri, ada dua universitas yang dipilih. Berarti ada 40 beasiswa siap diraih. Jumlah yang cukup banyak dan peluang untuk mendapatkannya pun bisa semakin besar,” ucap dia.

Ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh para pendaftar kompetisi. Usai mengikuti masa pendaftaran yang akan berlangsung mulai 30 Agustus hingga 3 November 2017 mendatang, peserta mengikuti tes online pada 5 November serentak dengan pilihan ganda. Kemudian, 150 peserta yang lolos tes online dengan nilai terbaik akan mengikuti seleksi data diri. Dan dipilih lagi 70 peserta dari tiap kampus yang lolos seleksi berkas. Jumlah yang tersisa akan mengikuti tes tulis. Pengumumannya sendiri akan dilakukan di Jakarta.

”Bagi kami, terpilih menjadi universitas yang mendukung kompetisi ini merupakan suatu kebanggaan. Ini menjadi motivasi agar bisa meningkatkan mutu dan kompetensi Uniga Malang. Tentunya pilihan sebagai pendukung penyelenggaraan OSC bukan tanpa sebab,” terang Dyah.

Terkait mutu pendidikan, Uniga juga baru menetapkan perolehan akreditasi A untuk program pascasarjana magister manajemen. Sedangkan semua prodi (program studi) terakreditasi B. ”Planning-nya, akuntansi dapat A. Sedang dipersiapkan sekarang. Sementara masih 30 persen,” ucapnya.

Pewarta: Octo Pratama
Penyunting: Yunan Helmi