david moyes

Pelatih pertama yang dipecat adalah Sam Allardyce. Big Sam, sapaan karibnya, tak lagi akan menangani Everton pada musim depan. Allardyce hanya tujuh bulan menangani Wayne Rooney dan kawan-kawan.

“Atas nama Chairman, jajaran direksi, dan Mr Moshiri, saya ucapkan terima kasih kepada Sam atas tugasnya bersama Everton selama tujuh bulan terakhir. Sam datang saat situasi sulit musim lalu dan memberi kami stabilitas. Kami berterima kasih kepada dia atas semua yang telah dilakukannya,” ucap CEO Everton, Denise Barrett-Baxendale, di laman resmi klub.

Apa yang dialami Allardyce, sedikit berbeda dengan yang terjadi pada David Moyes. Pelatih West Ham United itu memilih mundur dari posisinya meski sukses mempertahankan klub di Premier League. Kabar pengunduran diri Moyes ini muncul sekitar 2 jam setelah pemecatan Sam Allardyce.

Moyes bergabung dengan The Hammers pada pertengahan musim lalu untuk gantikan posisi Slaven Bilic. Di akhir musim, menurut Standard, Moyes tak mau memperpanjang kontrak karena merasa tidak senang dengan perlakuan manajemen klub terhadap dirinya.

“Saya ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada David Moyes dan stafnya atas pencapaian target mempertahankan West Ham United di Premier League,” sebut Joint-Chairman, David Sullivan di laman resmi klub.

Dengan demikian, Everton dan West Ham bakal mempunyai tugas berat di awal musim depan. Selain mencari pemain yang bisa memperkuat tim, manajemen pun harus mendapatkan pelatih baru yang bisa mendongkrak performa tim di musim baru.


(adw/JPC)