KOTA BATU Ada kabar baik bagi insan pendidikan di Kota Batu menyusul langkah Pemkot Batu mencairkan dana Bosda (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) 2018. Kemarin (12/2), secara simbolis dilangsungkan penyerahannya di Gedung Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani. Bantuan yang bakal diberikan untuk pelajar mulai tingkat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga SMA itu mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Namun, jumlah peningkatannya tidak terlalu signifikan, hanya sebesar Rp 200 juta. Bila ditotal, Bosda tahun ini mendapat plot Rp 20 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin menjabarkan alokasi bantuan tersebut. Untuk PAUD dan kelompok bermain (KB), dalam penjelasannya, bakal mendapat bantuan mulai Rp 1,5 juta per lembaga. Sementara untuk TK dan RA dijatah Rp 3 juta per lembaga. Selain itu, siswa SD/MI mendapatkan Rp 1.395.200 per tahun, siswa SMP/MTs mendapatkan Rp 1.715.200 per tahun, dan siswa SMA mendapat bantuan Rp 1.440.000 per tahun. Untuk siswa SMK, bantuan yang mereka terima sebesar Rp 2,4 juta per tahun. ”Untuk siswa SD sampai SMA itu sudah ditambah dengan Bosda dan dari pusat,” terang Mistin.

Selain diberikan kepada siswa, Bosda juga diberikan kepada SLB (sekolah luar biasa), baik negeri maupun swasta. Rinciannya, SLB negeri mendapat bantuan Rp 89,2 juta per lembaga, dan SLB swasta mendapat Rp 53,9 juta per lembaga. ”Kami juga berikan untuk sekolah yang mempunyai kelas olahraga, jumlahnya sebesar Rp 50 juta. Untuk SD terpencil Rp 10 juta, untuk SMP terpencil Rp 25 juta,” tambahnya.

Dia berharap bantuan tersebut benar-benar bisa dimanfaatkan siswa dan sekolah. ”Karena yang kami berikan ini kami rasa sudah cukup, maka sekolah jangan sampai memberatkan orang tua siswa lagi,” tegas Mistin.

Harapan serupa juga disampaikan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. ”Tidak hanya (peningkatan) di bidang akademiknya, namun siswa juga harus bisa (berprestasi) di nonakademik,” tutur Dewanti. Dia berharap pelajar di Kota Batu memiliki daya saing yang lebih dengan pelajar dari daerah lain.

Pewarta : Aris Dwi
Penyunting : Bayu Mulya
Copy Editor : Arief Rohman
Foto :Darmono