MALANG KOTA –  Event Creanomics (Creative Economic and Innovation Center) yang digelar Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya pada 20–21 November 2017 jadi ajang untuk mengenalkan produk-produk kreatif dan inovatif dari mahasiswa dan dosen maupun dari kalangan UMKM se-Malang Raya.

Sebanyak 36 stan memamerkan produk dari berbagai bidang. Mulai dari seni, teknologi informasi, hingga kuliner. Pengisi stan pun bukan hanya berasal dari UB, tapi juga dari lima SMK unggulan serta dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). ”Kita tahun ini memfokuskan pada pemberdayaan UMKM di era digital, seiring munculnya marketing online, toko online, dan lain-lain,” kata Ketua Pelaksana Ccreanomics Muhammad Daniel Septian.

Maka dari itu, digelar pula talk show serta workshop yang bisa memberikan gambaran lebih luas mengenai era digital. Beberapa tokoh muda inspiratif yang hadir di antaranya adalah Duardi Prihandiko (vice president marketing communication Bank Central Asia) dan Andina Paramitha (general manager Ngalup Coworking Space).

Daniel menambahkan, Creanomics juga mengajak 5 SMK di Malang Raya (SMKN 5, SMKN 2, SMKN 13, SMKN 4, dan SMKN 1 Batu) karena mempunyai kesamaan chemistry. ”Karena antara SMK dan vokasi kan punya semangat yang sama. Jadi, kita undang juga, supaya ekonomi kreatif lebih berkembang lagi,” ungkap Daniel.

Harapannya, Creanomics bisa menjadi bukti nyata adanya hubungan erat antara pendidikan vokasi dengan DUDI. ”Selama ini sudah terbukti. Bahkan, sebelum mahasiswa lulus sudah banyak yang ditarik ke dunia usaha. Dan inilah yang kita ingin ke depan,” ungkap Daniel.

Selain itu, aspek inovasi menjadi salah satu perhatian utama dalam Creanomics kali ini. ”Contohnya, kita ada stan Internet of Things (IOT) yang mengembangkan smart controller untuk rumah,” imbuhnya. Dia melanjutkan, sudah ada pengembangan sebuah alat pengontrol jarak jauh dengan internet. ”Misalnya, kita mau menyalakan lampu teras, ya tinggal menggunakan aplikasi saja. Kita nggak harus ada di rumah,” jelasnya.

Pewarta: Tabita Makitan
Penyunting: Kholid Amrullah
Copy Editor: Arief Rohman