Ciuman

JawaPos.com – Berciuman memberikan rasa santai dan kesenangan bagi tiap pasangan. Sebab, saat berciuman, tubuh akan melepaskan berbagai hormon kebahagiaan yang bisa membuat tubuh lebih sehat. Dalam momentum Hari Ciuman Internasional pada 6 Juni kemarin, ada pesan untuk warga dunia agar mempertahankan ritme berciuman secara rutin dengan pasangan agar tubuh lebih sehat.

Dilansir dari The Independent, Sabtu (7/7), berciuman atau kecupan, memberi banyak efek sehat bagi tubuh. Ciuman melepaskan hormon dopamin dan oksitosin. Terutama, saat berciuman dengan cara sensual atau French Kiss.

“Berciuman adalah isyarat yang intim dan memperdalam cinta dalam hubungan antara dua orang,” kata pelatih dan pakar hubungan Madeleine Mason.

Ilustrasi: disarankan ciuman selama 15 menit setiap kali dilakukan. (pixabay)

Bahkan, Mason mengungkapkan, beberapa penelitian menyarankan setidaknya berciuman selama 15 menit. Sehingga, menghasilkan hormon dopamin dan oksitosin yang mampu menurunkan tingkat stres. Berikut beberapa manfaat kesehatan lainnya dari berciuman.

Ciuman Meningkatkan Sistem Kekebalan

Meskipun berciuman adalah berbagi air liur, bahkan berbagi sekitar 80 juta bakteri selama 10 detik. Namun, berjabat tangan juga bisa berbagi bakteri. Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa berciuman meningkatkan kekebalan wanita dari Cytomegalovirus. Sehingga wanita hamil, bayinya akan terhindar dari cacat lahir.

Ciuman mengurangi Kecemasan

Mencium efektif untuk menenangkan, mengurangi kecemasan dan membuat seseorang mengurangi stres. Sebab, ciuman menurunkan kortisol dan meningkatkan kadar serotonin di otak.

Bahkan, beberapa orang mengklaim mencium memiliki manfaat yang serupa dengan meditasi, membantu untuk merasa lebih tenang.

Bibir mengandung pembuluh darah yang membesar ketika berciuman. Menurut ahli bedah plastik di New York City, Ryan Neinstein, MD, saat berciuman, darah kemudian diarahkan ke wajah dan menjauh dari seluruh tubuh, sehingga pasokan pada jantung menurun, menghasilkan tekanan darah lebih rendah.

Terlebih lagi, saat jantung berdebar karena gembira saat berciuman yang penuh gairah. Maka aliran darah meningkat untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Kita menggunakan 30 otot saat berciuman. Maka ciuman penuh gairah bisa mengencangkan otot wajah.

Baik untuk Kesehatan Gigi

Bertukar air liur dengan orang lain meningkatkan aliran air liur seseorang. Sehingga membantu menjaga mulut, gigi, dan gusi tetap sehat.

Berciuman dengan lidah akan membuat seseorang menemukan pasangan yang cocok secara genetis. Berciuman adalah tindakan yang didorong emosi yang memungkinkan seseorang untuk mengidentifikasi mitra yang paling kompatibel dan paling piawai dalam berciuman.

Ciuman yang baik melepaskan hormon oksitoksin. Berciuman juga melepaskan dopamine, yang memperkuat perasaan menjadi lebih romantis dan lebih intim.

(ika/JPC)