Acara puncak Pekan Islami XII yang digelar di halaman kantor PT Anugerah Citra Abadi (ACA), Rabu malam (13/6) dibuka dengan tausiyah dari KH Duri Azhari. Dengan gayanya yang kocak, ulama asal Semarang itu sukses menghibur sekaligus memberi siraman rohani bagi seribuan jamaah yang hadir.

Seperti saat Kiai Duri memberi pertanyaan pada jamaah. “Sing mbok senengi tekan Kanjeng Nabi Muhammad iku opone?,(Yang kamu senangi dari Nabi Muhammad itu apanya?)” ujar dia.

Mendapat pertanyaan itu, jamaah terdiam. “Ya Allah kok meneng ae. Paling Ono sing mikir ngene ‘lek aku ngerti, Lapo ngundang Kowe kiai’ . Kowe (kiai) kan diundang ben ngko disangoni (Kok diam aka. Mungkin ada yang mikir kalau saya paham, buat apa undang kiai. Kan kiai diundang lalu dapat bayaran)” kelakar Kiai Duri.

Seketika tawa jamaah pun pecah. Tak berhenti di situ, Kiai Duri kembali berujar. “Sampean ini sama RT-nya paham, pejabat paham, tapi sama Nabi Muhammad kok ora. Iki piyeeee Ya Allaaah,” kata dia.

Hingga beberapa saat kemudian, Kiai Duri menjelaskan tentang empat hal yang membuat Nabi Muhammad disukai. Yakni keberadaannya yang memberikan syafaat, memiliki mukjizat, ‘sekolahnya’ dari langit, dan namanya masuk dalam kalimat syahadat. (Muf)

Pewarta : Indra Mufarendra
Fotografer : Darmono