CEO BNI Malang Wiwi Suprihatno (tiga dari kiri) saat launching YAP! di Alun-Alun Kota Batu, Sabtu malam (10/3).

MALANG KOTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali membuat inovasi. Kali ini, BNI meluncurkan aplikasi smartphone YAP! Di Alun-Alun Kota Batu, Sabtu (10/3).

Dalam seremoni launching yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Batu Ir H. Punjul Santoso MM, BNI menjelaskan sejumlah kelebihan dari YAP! Yakni aplikasi pembayaran non tunai yang memanfaatkan QR Code.

YAP! bisa diunduh secara gratis melalui Play Store (Android) maupun AppStore (iOS). Apa yang membedakan YAP! dengan aplikasi pembayaran nontunai lainnya?

Jika aplikasi lainnya hanya menggunakan uang elektronik sebagai sumber dana, maka YAP! selangkah lebih maju. YAP! menjadi aplikasi pertama yang menggunakan tiga sumber dana, yakni kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik BNI (UnikQu). Sumber dana itu mesti didaftarkan lebih dulu setelah YAP! di-download.

Dengan demikian, semua pengguna smartphone yang tidak memiliki rekening di BNI dapat dengan mudah menggunakan YAP! Sedangkan pengguna yang sudah menjadi nasabah BNI dapat menambahkan semua kartu debit dan kartu kredit sebagai sumber dana.

CEO BNI Wilayah Malang, Wiwi Suprihatno menyampaikan bahwa, di era sekarang, berbagai jenis teknologi digital mengalami perkembangan yang luar biasa pesatnya.

“Itu bisa dilihat dari anak-anak jaman now yang sudah tidak bisa lepas dari teknologi. Salah satunya smartphone yang menjadi bentuk dari kemajuan teknologi digital,” ujar dia.

Saat ini, sebagian orang mungkin merasa lebih baik dompetnya ketinggalan, ketimbang tidak membawa smartphone. Sebab, semua penunjang aktivitasnya ada di smartphone. Tak hanya penunjang untuk komunikasi, tapi juga transaksi.

Nah, YAP! bisa menjadi pengganti dari mesin electronic data capture (EDC). “Aplikasi ini bisa memenuhi kebutuhan semua kategori user. Termasuk pedagang kecil, UMKM, retail, toko jaringan (chain store), toko modern,dan toko online (e-commerce).

Lantas, bagaimana dengan faktor keamanannya? “Aplikasi ini punya sistem keamanan yang andal. Dengan dua tingkat keamanan pada saat login menggunakan password dan transaksi menggunakan Personal Identification Number (PIN) sesuai sumber dana yang digunakan (Kartu Kredit BNI, Kartu Debit BNI, atau UnikQu),” jelas dia.

Pewarta: Indra Mufarendra
Penyunting: Indra Mufarendra
Foto: Indra Mufarendra