Jika Profesor tak Patuhi Aturan, Mahasiswa Lebih Kacau Lagi - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA – Peminat seleksi calon mahasiswa baru PTN (perguruan tinggi negeri) melalui jalur mandiri masih cukup tinggi.

Meskipun jalur mandiri membutuhkan biaya lebih, orang tua tetap mendaftarkan anaknya melalui jalur ini karena ini jalan terakhir agar bisa kuliah di PTN.

Hal itu terbukti dengan banyaknya orang tua calon mahasiswa yang rela merogoh kantongnya hingga puluhan juta rupiah.

“Mau tidak mau ya harus mengikuti peraturan dari universitas, makanya saya ikutkan pada jalur mandiri ini,” ujar salah satu orang tua pendaftar di salah satu PTN di Surabaya yang tidak ingin disebutkan namanya, seperti diberitakan Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Dewan Pendidikan Jawa Timur Isa Anshori menjelaskan, semenjak PTN menjadi Badan Hukum Milik Negara, universitas diperbolehkan menentukan harga sesuai masing-masing instansi.

“Jalur mandiri ini kan sebuah keniscayaan agar diterima di PTN, mereka (PTN) dituntut untuk menjadi mesain uang, dalam rangka membiayai pendidikan dalam perguruan tinggi yang cukup besar,” tutur Isa.

Isa memaparkan pada seleksi jalur mandiri tidak semua orang bisa masuk seleksi karena di samping kemampuan akademisnya, juga harus punya banyak uang. (gin/no)