MALANG KOTA – Kolestrol merupakan lemak yang terdapat dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Secara umum, kolestrol yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi terbagi menjadi dua jenis. Ada yang tergolong kolesterol baik atau HDL, dan ada juga kolesterol jahat atau LDL. Kolestrol baik membantu fungsi organ vital dengan baik dan juga membantu membentuk hormon, vitamin D, dan pencernaan. Sebaliknya, kolestrol jahat justru memberi dampak buruk.

Dirangkum dari Boldsky, berikut ini sejumlah akibat buruk dari tingkat kolestrol tinggi bagi tubuhmu:

1.Jantung
Meningkatkan kadar kolestrol tinggi, khususnya LDL bisa menyebabkan penyakit jantung. Hal ini terjadi disebabkan karena penumpukan kolestrol yang menghambat aliran darah melalui arteri.

2. Otak
Peningkatan kolestrol jahat juga bisa membuat efek murusak pada otak. Mulai dari menurunnya daya ingat, alzheimer, hingga stroke menjadi ancaman besar bagi seseorang yang memiliki tingkat kolestrol yang tingi.

3.Pencernaan
Jumlah kolestrol yang optimal akan membantu produksi empedu dengan baik. Nah, bila tingkat kolestrol meningkat, munculnya batu empedu akan menjadi masalah di kemudian hari.

4. Nyeri dada
Kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak pada arteri. Plak yang mengganggu aliran darah ini bisa menyebabkan nyeri dada. Hal ini terjadi karena aliran darah di arteri koroner terganggu.

sumber : profharis.com