KOTA BATU – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko cukup antusias menyambut rencana pembangunan jalan tol menuju Kota Batu. Tak lama lagi, kepala daerah perempuan pertama di Malang Raya ini pun segera merapat ke Bupati Malang Rendra Kresna. Sebab, sepengetahuan Dewanti, akses tol tersebut bakal melewati wilayah Karangploso, Kabupaten Malang.

”Jalannya itu (jalan tol, Red) masuk jalan Kabupaten Malang yang ada di Karangploso. Jadi, saya nanti mau ke Pak Rendra (Bupati Malang Rendra Kresna) untuk membicarakan hal itu,” kata Dewanti kemarin (11/1).



Dewanti menyatakan, selain karena nantinya melintasi wilayah Karangploso, juga ada rencana pembicaraan terkait pelebaran jalan di wilayah Karangploso. ”Nanti kami akan minta lebarkan jalan dari Karangploso ke Batu,” kata istri Eddy Rumpoko ini.

Menurutnya, pelebaran jalan harus dilakukan. Tujuannya supaya akses tetap lancar setelah keluar dari jalan tol. ”Jika tidak dilebarkan jalan dari Karangploso menuju Batu, maka akan terjadi bottleneck (penyempitan jalur atau dari jalur yang semula lebar menjadi sempit),” tambah Dewanti.

Nah, untuk melebarkan jalur Karangploso menuju Kota Batu tersebut, tentunya harus ada koordinasi dengan kepala daerah Kabupaten Malang. Sebab, jalur yang akan dilebarkan adalah milik Kabupaten Malang.

Selain berkoordinasi dengan Pemkab Malang, nanti pihaknya juga akan meminta bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. ”Kami juga minta bantuan provinsi nanti untuk bisa menyelesaikannya,” kata dia.

Seperti diberitakan, Gubernur Jawa Timur Soekarwo telah mengajukan kepada Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk membangun jalan tol di beberapa daerah. Sebut saja, jalan tol Gresik menuju Tuban, tol Porong menuju Mojokerto, dan tol tembus dari Kertosono menuju Kediri, dan jalan tol dari Malang menuju Kota Batu. Hal tersebut diungkapkan usai serah terima jabatan (sertijab) Wali Kota Batu Senin lalu (8/1). Pengajuan pembangunan itu untuk mempermudah akses wisatawan ke Kota Batu serta mengurai kemacetan.

Kapan jalan tol tersebut terwujud? Dewanti belum bisa memberi kepastian. Dia hanya berharap semoga rencana tersebut bisa segera terealisasi. ”Mudah-mudahan bisa cepat. Membangun tol kan bukan seperti sulapan, bisa cepat jadi,” ujar dia sambil tersenyum.

Pewarta : Aris Dwi
Penyunting : Ahmad Yahya
Copy Editor : Arief Rohman
Foto : Rubianto