MALANG KOTA – Cuaca Malang akhir-akhir ini tidak bisa diprediksi. Baik suhu, kecepatan angin bahkan kelembaban, ketiganya mudah berubah.

Saat cuaca dingin, anda pasti mengenakan pakaian serba tebal untuk menghindari kedinginan. Bisa juga anda justru menarik selimut menghangatkan tubuh dan bermalas-malasan untuk beraktivitas.

Dingin juga bisa menyebabkan penyakit, mengikis metabolisme, dan mudah terkena pilek. Oleh karenanya, berikut tips yang bisa anda praktikkan untuk membantu memberi kehangatan pada tubuh saat merasa kedinginan.

  1. Hindari Menggigil

Menggigil merupakan tanda bahwa anda merasa kedinginan dan perlu secepatnya menghangatkan diri. Saat kulit anda turun, menggigil bisa untu menjaga suhu tubuh inti agar tidak ikut menurun. Orang dengan hipotermia ringan akan menggigil, tetapi yang mempunyai hipotermia sedang mungkin tidak. Tubuh akan berhenti menggigil saat kontraksi otot tidak lagi mampu menghasilkan panas.

  1. Perbanyak Makan

Makan lebih banyak saat merasa kedinginan merupakan cara yang baik untuk mempertahankan kehangatan tubuh, karena mampu menjaga gula darah. Saat tubuh anda mencerna makanan, tubuh anda membakar energi sehingga anda akan merasa lebih hangat. Oleh karenanya, jika makanan yang dicerna tubuh banyak, maka tubuh juga akan merasa hangat lebih lama.

  1. Banyak Konsumsi Air Putih

Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat memberikan kehangatan yang baik pula. Selain asupan makanan, konsumsi air juga mampu menolerir dingin. Utamanya dengan air hangat.

Menurut seorang profesor dari University of Pennsylvania, Michael Cirigliano MD, mulut merupakan salah satu bagian paling sensitif di tubuh anda. Sehingga, jika air panas menyentuh mulut, maka anda akan merasakan sensasi hangat.

  1. Jaga Tubuh Tetap Kering

Jika cuaca sedang dingin, sebaiknya gunakan baju yang dapat menyerap keringat. Jika baju basah, sebaiknya ganti baju segera. Usahakan agar tubuh Anda tetap kering karena baju basah cenderung membuat lebih kedinginan

  1. Jaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Menjaga tubuh anda tetap tertutup adalah hal baik yang dapat anda lakukan. Pakailah kaus kaki, sarung tangan, topi maupun jaket untuk pertahanan. Jika anda sedang kedinginan, yang pertama kali anda rasakan adalah dingin pada kaki dan tangan, sebelum menjalar ke tubuh lainnya. Pada saat kedinginan, aliran darah diprioritaskan ke bagian vital tubuh sehingga tangan dan kaki menjadi yang pertama kali terserang dingin.

Sumber : hellosehat.com