KEPANJEN – Penampilan 10 kantor kecamatan di Kabupaten Malang bakal berubah. Dipastikan lebih eye catching lagi. Kepastian itu mencuat, menyusul rencana Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang merenovasi kantor-kantor kecamatan itu. Yang tersebar di Kecamatan Karangploso, Gedangan, Gondanglegi, Dampit, Jabung, Kasembon, Tumpang, Ampelgading, Pakis, dan Singosari.

Selain kantor kecamatan, ada satu kantor kelurahan yang juga bakal direhab. Yakni kantor Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari.



”Untuk kelurahan di Candirenggo kami bangun total karena lokasinya berpindah dari yang sebelumnya,” terang Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.

Anggaran yang digelontorkan untuk renovasi bangunan ini pun berbeda-beda, tergantung skala kerusakan dan kebutuhan bangunan. Sayangnya, Wahyu belum bisa menyebut angka pasti yang bakal dialokasikan.

”Ada yang renovasi ringan saja dan ada yang membangun total, paling besar memang untuk gedung perkantoran Kelurahan Candirenggo, Singosari. Semua targetnya selesai tahun ini,” tambah mantan Camat Tajinan itu.

Lantas bagian apa saja yang bakal direnovasi? Wahyu menyebut ada beberapa bagian yang bakal diperhatikan. Seperti atap, penambahan ruangan, perbaikan bangunan, penambahan fasilitas, pengecatan, hingga pengadaan pendapa baru.

Konsep khusus untuk tahap renovasi juga sudah disiapkan. DPKPCK Kabupaten Malang mengakomodir usulan dari pemerintah kecamatan. Hasilnya, kantor Kecamatan Tumpang bakal di desain ala bangunan kolonial tempo dulu. Sementara di Kecamatan Pakis lebih menonjolkan konsep modern dan ada pengadaan pendapa juga disana.

Rencana itu pun disambut baik pemerintah kecamatan. Seperti disampaikan Camat Singosari, Eko Margianto. Ia mengaku telah mengajukan renovasi untuk bangunan di lantai dua kantornya.

”2018 saya ajukan pembenahan untuk ruang rapat yang ada di lantai dua,” katanya. Eko mengungkapkan bahwa kondisi ruang rapat dikantornya itu memang sudah rusak sejak lama.

Ia juga membenarkan bila kantor Kelurahan Candirenggo bakal dibangun secara total. ”Memang harus dibangun total, karena tempatnya harus dipindah,” tambahnya. Eko menyebut gedung perkantoran Kelurahan Candirenggo yang baru bakal dibangun diatas lahan aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Bayu Mulya
Copy Editor: Dwi Lindawati